5 Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Kulit

0
181
kesehatan kulit

Memiliki kulit sehat merupakan dambaan bagi setiap orang. Dengan memiliki kulit yang sehat, kita akan nambak lebih menarik dan terlihat muda. Memiliki kulit kencang, mulus, dan halus memang memerlukan penjagaan makanan yang ketat. Karena untuk merawat kulit, kita membutuhkan banyak vitamin yang bisa kita dapatkan melalui mengkonsumsi makanan yang tepat.

Berikut ini adalah lima makanan yang harus kita konsumsi untuk menjaga kesehatan kulit kita.

1Buah Bervitamin A

Buah yang memiliki kandungan vitamin A sangat cocok untuk menjadi santapan bagi anda yang ingin menjaga kesehatan kulit. Vitamin A memiliki peran penting dalam pembentukan sel kulit jika dikonsumsi tidak berlebih tentunya. Bahkan mampu menghilangkan jerawat yang mengganggu penampilan wajah. Pilihan makanan dengan kandungan beta carotene yang dapat diolah menjadi vitamin A, seperti wortel, ubi manis, labu, mangga, dan sebagainya. Jangan terlalu banyak konsumsi suplemen dari pabrik karena bisa jadi beracun dan tak cocok bagi ibu hamil. Alami jauh lebih baik dari buatan.

2Buah Bervitamin E

Anti-oksidan yang ada di vitamin E mampu mencegah penuaan dini dan menghaluskan kulit. Vitamin E tidak bisa diproduksi tubuh secara manual. Selain itu vitamin E juga mampu meningkatkan kinerja vitamin A yang ada di dalam tubuh kita. Padahal vitamin A juga mampu menjaga kulit dengan baik. Jadi kita harus mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan Vitamin E seperti alpukat, apel, mangga, tomat, beri, brokoli, kacang almon dan sebagainya.

3Makanan Mengandung Selenium

Semakin bertambahnya tua, kulit kita akan kehilang keelastisitasnya dan menjadi keriput. Untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap kencang, kita perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung selenium. Hal ini disebabkan selenium merupakan mineral yang mampu melindungi peradangan kulit dari sinar matahari yang merusak elastin, zat yang berguna untuk menjaga kekencangan kulit. Banyak makanan yang bisa anda konsumsi untuk mendapatkanmineral selenium seperti ikan laut yang masih fresh, daging sapi, daging unggas, dan beras coklat.

4Makanan Mengandung Asam Lemak Tak Jenuh

Buah mengandung lemak tak jenuh merupakan makanan paling sehat yang cocok untuk kita makan. Selain menjaga kesehatan kulit, makanan berlemak baik ini mampu menjaga kolesterol. Asam lemak tak jenuh mampu mengurangi peradangan yang disebabkan jerawat, dan juga mampu menjaga elastisitas kulit. Buah yang mengandung asam lemak tak jenuh tertinggi adalah alpukat. Lainnya bisa didapat dari kacang-kacangan dan biji-bijian.

5Dark Chocolate

Suka makan coklat batang? Jika iya, pilihlah yang berjenis dark chocolate daripada milk chocolate atau white chocolate. Sebab jenis ini memiliki kandungan kokoa paling tinggi yang mampu membantu peradangan jerawat dan juga mampu menjaga kesehatan kulit serta jantung.