Karina Rozy Angkat Tema Gadis Baduy di Pagelaran JFT 2024

D i Jakarta Fashion Trend 2024, desainer Karina Rozy mengangkat tema Gadis Baduy dengan menggunakan kain wastra nusantara.

Karina mengatakan koleksinya ini terinspirasi langsung dari gadis baduy, yang memiliki peran mengayomi dan memelihara. Sehingga mereka mendapat kesetaraan dengan membantu pria untuk bekerja di ladang, meskipun mereka juga bekerja sebagai penenun.

Warna-warna gelap kombinasi tanah seperti hitam, maroon, coklat, dan navy yang dipilih oleh Karina membuat kombinasi kain tenun dan linen yang diberikan memiliki kesan ethnic modern dengan hiasan Teknik Jepang Sashiko dan Manipulating Fabric. Dimana dikelompokkan menjadi busana casual modest namun tetap bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada penyelenggaraan di tahun ini, Jakarta Fashion Trend menampilkan Fashion Parade karya 51 fashion desainer. Terdiri atas 15 fashion desainer konvensional, 8 fashion desainer syar’i, dan 4 fashion desainer kids atau anak. Desainer tersebut berasal dari berbagai kota di seluruh Indonesia, seperti Jakarta, Yogyakarta, Kediri, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Buton Tengah, dan Surabaya.

| Baca Juga: Jakarta Fashion Trend 2024 Sukses Paduan Wastra dan Gaya Ultramodern

Ichwan Thoha selaku konseptor pegelaran tahunan ini mengatakan, bahwa tema JFT 2024 terdiri dari dua kata yaitu cyber dan xotic yang diambil dari kata eksotis. “Pemilihannya mendukung idealisme Indonesian Fashion Chamber (penyelenggara acara) dalam mendukung isu keberlanjutan melalui pelestarian wastra tradisional,” kata Ichwan saat ditemui di Tananusa Sarinah, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Erika Ardianto sebagai Ketua IFC Jakarta Chapter mengatakan, JFT tahun ini membawa semangat melintasi berbagai sekat, seperti kecepatan era digital yang membawa banyak perubahan dalam gaya hidup. “Namun, kita tetap harus berpijak pada akar budaya Indonesia. Jadi sebuah tantangan untuk meramu (wastra Indonesia) dan menghasilkan busana siap pakai yang berselera global. Ini adalah peleburan (busana) out of the box, sedikit futuristik, dan kata kuncinya bisa dipakai sehari-hari,” jelasnya.

Mengangkat tema Cyber-Xotic, Jakarta Fashion Trend (JFT) edisi ke-5 telah terselenggara pada Rabu, 24 Januari 2024 kemarin di Tananusa, Sarinah, Jakarta. Seperti tahun-tahun sebelumnya, rangkaian busana yang dipresentasikan di runway merupakan prediksi tren mode terkini. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here