Lagu Terbaru Badai Tercipta Karena Gagal Move On

Foto: Yanuarika/Nyata

M antan personel Kerispatih, Badai meneruskan karirnya sebagai penyanyi solo. Kali ini ia merilis lagu berjudul Belum Bisa Percaya.

Belum Bisa Percaya nantinya akan melengkapi album solo kedua Badai di Nagaswara, yang berisi 8 lagu. Dan menjadi momen perayaan 25 tahun Badai berkarya di panggung musik tanah air.

Single Belum Bisa Percaya lahir dari pengamatan Badai, terkait kondisi percintaan yang gagal ‘move on’ dari masa lalu. Tentu saja, kondisi ini juga terjadi dalam percintaan generasi sekarang. Ketidakmampuan menyelesaikan masalah dengan mantan kekasih, malah menyakitkan pasangan yang sekarang, bahkan bagi keduanya.

“Ceritanya diambil dari orang-orang yang tidak bisa menyelesaikan masa lalunya, tapi mau memulai suatu hubungan baru dengan pasangan barunya. Selalu timbul kecurigaan, sehingga hubungannya menjadi belum bisa percaya satu sama lainnya,” terang Badai di Gedung Kesenian Jakarta (25/1/2024).

| Baca Juga: Fashion Show Terakhir Ivan Gunawan di Indonesia

Di lagu terbarunya ini, Badai masih konsisten mengusung konsep musik pop cinta balada yang selama ini menjadi trademark-nya. Bedanya, di single ini, Badai mengambil notasi lagu-lagu pop akhir tahun 70 an.

“Jadi agak berbeda dengan konsep musik lagu-lagu saya yang sebelumnya berpedoman pada musik pop tahun 90 an. Intonasi lagu ini saya serap dari notasi-notasi pop tahun 70 an akhir, menjelang tahun 80 an lah. Saat ini saya sering mendengarkan lagu-lagu seperti itu, kayak Barry Manilow, Anne Murray dan Lobo,” jelas Badai.

Konsep solo Badai terutama pada lagu dan irama, tentu berbeda dari sebelumnya. Ada beberapa lagu yang dibuat, banyak memainkan genre musik yang selama ini tidak pernah disentuhnya, seperti city pop Jepang, pop RNB eighties nineties.

Untuk pop-nya sendiri lebih simple, namun sisi akustiknya sangat kuat. Kemudian Badai juga membedakan dari album solonya tahun 2014, Love Life Woman yang sangat Bryan Adam (pop rock). Namun saat ini ia memainkan musik-musik retro. Dan dari sisi penampilan, saat ini Badai lebih suka yang ‘light colour‘.

| Baca Juga: Slank Ajak Semua Ber-Joged di Hari Jadinya ke 40

Harapan Badai di lagu terbarunya ini, ia tidak mau berharap klise sama seperti para penyanyi lainnya, tapi Badai meminta kepada para penikmat musik Indonesia, untuk minimal mengenal Badai terlebih dahulu sebagai bayi yang baru masuk industri musik Indonesia. Walaupun karir bermusik Badai sudah 25 tahun, namun sebagai penyanyi solo baru mulai dari 2014.

“Ya minimal kita kenalan dulu aja deh, lu dengerin lagu-lagu gue, lu dengerin suara gue, lu bisa mulai mencintai lagu yang gue nyanyikan, mulai bisa minimal menghargai usaha gue, talenta gue yang mulai gue kembangkan lewat single solo gue. Soal berharap diterima, disukai, gue gak mau maksa karena itu klise. Ya minimal kenal dulu aja, gak usah sayang dulu, kayak orang mau pacaran aja,” imbuhnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here