Kisah YouTuber ‘Shanty di China’ Keliling Jual Makanan Indonesia Pakai Food Truck

Perjuangan ‘Shanty di China’ Kenalkan Makanan Indonesia
Foto: Dok. YouTube @SHANTIDICHINA

Kisah Shanty pemilik YouTuber Shanty di China’ ini berjualan makanan di China menggunakan Food Truck. Warga asli Indonesia tersebut kini tinggal di China mengikuti suami dengan bekerja berjualan makanan khas Indonesia. Ia tak jarang berjualan Soto, bakso, dadar jagung hingga rendang.

Berbagai makanan khas tersebut ia jual keliling menggunakan Food Truck. Melalui konten YouTube yang ia bagikan tersebut, banyak menuai respon positif dari netijen Indonesia. Terutama kalangan ibu-ibu yang cukup sering mengikuti aktivitas Shanty di YouTubenya.

Sampai hari ini channel YouTubenya telah memiliki 1,28 juta subscriber. Namun pencapaiannya sampai titik ini tidak diraih dengan cara yang mudah. Melalui wawancara podcast bersama Denny Sumargo, Shanty menjelaskan suka duka yang ia alami saat berjualan di negara orang.

“Capeknya aku ngerjain sendiri, masak sendiri, pergi ke pasar sendiri, mikir makanan yang harus dibikin itu pusing ya,” ungkap Shanty pada Denny Sumargo.

|Baca Juga: 4 Potret Anggun Iriana Jokowi Hadiri Jamuan Teh Bareng Istri Presiden China

Kemampuan masaknya dia dapatkan saat bekerja di Restaurant di Indonesia. Antusias warga lokal terhadap masakan yang dijual Shanty menarik banyak penonton dari Indonesia.

Shanty akhirnya memberanikan diri untuk memanfaatkan bakatnya itu. Awalnya, Shanty hanya berjualan makanan secara online melalui media sosial WeChat. Aturan perihal warga asing yang tidak diizinkan membuka tempat usaha di sana menjadi alasan utamanya berjualan secara online.

“Aku lewat online, dagang masakan Indonesia karena aku orang asing nggak boleh buka warung di sana,” imbuhnya.

|Baca Juga: YouTuber Cantik asal Korea Dilecehkan Saat Siaran Langsung

Melalui bantuan teman sesama Indonesia, akhirnya Shanty memutuskan untuk mulai membuat sebuah channel YouTube. Ketika video yang diunggah mendapat respon positif,  wanita yang telah tinggal di China selama 15 tahun itu semakin semangat untuk melanjutkan YouTubenya.

“Wah ada yang nonton, ini kesempatan harus dilanjutin ini,” terangnya.

Setelah itu Shanty kembali melanjutkan jualan makanan Indonesia menggunakan Food Truck. Ia sembari mengabadikan kegiatan jualan itu untuk diunggah di channel YouTube miliknya.

Beberapa masakan Indonesia yang paling laris dijual adalah kwetiau, rendang, bakwan hingga lemper. Namun dibalik itu, Shanty juga sering merasa kelelahan karena mengerjakan semua masakannya sendiri. *iza/pra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here