Barbados Bakal ‘Pecat’ Ratu Elizabeth

ratu-elizabeth-barbados
Foto: Leon Neal/Getty Images

Barbados telah mengumumkan rencananya untuk mencopot Ratu Elizabeth II sebagai kepala negara mereka. Barbados ingin menjadi negara republik tahun depan. 

Dalam pidatonya, Gubernur Jenderal Barbados Sandra Mason mengatakan sudah waktunya Barbados meninggalkan masa-masa kolonial. Mereka ingin memiliki seorang kepala negara asli Barbados.

“Sudah waktunya untuk meninggalkan masa lalu kolonial kita. Orang-orang Barbados ingin kepala negara asli Barbados. Ini adalah pernyataan tertinggi soal siapa kita dan apa yang mampu kita capai,” kata Sandra Mason dalam pidatonya, Rabu (16/9) kemarin.

Baca juga: Hati Ratu Elizabeth Hancur, Gara-Gara Dikhianati Meghan Markle

Dalam pidato yang ditulis oleh Perdana Menteri Barbados Mia Mottley itu, Sandra menyampaikan kalau mereka ingin jadi negara republik tepat di perayaan 55 tahun kemerdekaan November 20201 mendatang.

“Karenanya, Barbados ingin mengambil langkah tegas untuk mendapat kedaulatan penuh dan menjadi negara Republik saat merayakan ulang tahun kemerdekaan yang ke-55,” tambahnya. 

Baca juga: Ternyata Kate Middleton ‘Kembaran’ Ratu Elizabeth

Lantas seperti apa respon Ratu Elizabeth akan hal tersebut? Dilansir dari Peoplepihak Istana Buckingham mengatakan kalau itu kalau niatan itu adalah urusan pemerintah dan rakyat Barbados. 

Negara yang terletak di Kepulauan Karibia itu memperoleh kemerdekaannya dari Inggris pada 30 November 1966. Meski begitu, Ratu Elizabeth II tetap menjadi pemegang kekuasaan konstitusionalnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here