Beri Pernyataan Palsu, Pangeran Harry Dikecam Veteran Perang

Foto: Dok. PA:Press Association/GettyImages

Tak henti-hentinya Pangeran Harry memberikan pernyataan yang menghebohkan dunia maya. Beberapa waktu lalu, suami Meghan Markle itu tampil dalam serial Netflix terbarunya.

Dalam klip tersebut, Harry mengaku bila ia merasa marah karena media Inggris seperti, The Sun, tak pernah peduli dengan pasukan Inggris yang tengah berjuang di Afghanistan. Dalam klaim yang ia sampaikan, seharusnya peran media di situasi seperti itu sangatlah penting, agar masyarakat tahu bagaimana perjuangan para tentara di medan perang.

Namun sayangnya, pernyataan Duke of Sussex itu menerima banyak bantahan dari berbagai kalangan. Salah satunya dari mantan komandan pasukan perang, Lord Richard Dannatt, yang menegaskan bila Harry mungkin kehilangan beberapa memorinya mengenai hal itu. Artinya, cucu kesayangan mendiang Ratu Elizabeth itu telah berbohong.

“Ingatan setiap orang bisa berbeda-beda,” ungkap Lord Richard Dannatt.

|Baca Juga: Ditinggal Pangeran Harry ke Jepang, Meghan Markle Nonton Konser Taylor Swift Bareng Teman

Foto: Dok. PA:Press Association/GettyImages

Pernyataan yang lebih menohok juga dilontarkan oleh media lokal, The Sun, yang secara lugas menyampaikan bila pernyataan Harry seratus persen salah.

Melalui artikel terbarunya, The Sun menyangkal tuduhan itu, dan memberikan pernyataan bila mereka senantiasa telah mendukung para tentara di Afghanistan. Bahkan, mereka membuat kampanye bertajuk Help For Heroes, untuk mendukung badan amal sampai mengumpulkan dana sebesar £370 juta euro atau setara Rp7,1 triliun untuk para veteran perang.

|Baca Juga: Gelar ‘Yang Mulia’ Pangeran Harry Dihapus dari Website Keluarga Kerajaan Inggris

Salah satu tentara yang mendapatkan dana bantuan tersebut ialah Ben. Ia harus ikhlas kehilangan kedua kakinya, patah punggung dan menderita kerusakan otak akibat ledakan ranjau darat pada 2006 silam. Tetapi kini hidupnya jauh lebih baik usai mendapatkan perawatan dari hasil donasi yang diberikan media lokal tersebut.

Menurutnya, tuduhan Pangeran Harry itu sangat ofensif dan tak sesuai dengan kenyataan.

“Saya tidak mengerti apa yang dia bicarakan, The Sun dan media Inggris sangat luar biasa bagi saya dan memberikan dukungan luar biasa kepada keluarga saya,” ujar Ben.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here