Gelar ‘Yang Mulia’ Pangeran Harry Dihapus dari Website Keluarga Kerajaan Inggris

Gelar 'Yang Mulia' Pangeran Harry Dihapus dari Website Keluarga Kerajaan Inggris
Foto: Dok. CHRISTOPHER FURLONG/GETTY

Gelar ‘Yang Mulia’ milik Pangeran Harry kini telah resmi dihapus dari situs web Keluarga Kerajaan Inggris. Dilansir dari Express, sebelumnya suami dari Meghan Markle itu masih menyandang gelarnya dalam bio profilnya. Namun, pada Selasa (8/8) lalu, laman web tersebut telah diperbaharui dan gelar itu hilang dari nama Harry.

Situs web Keluarga Kerajaan sendiri belum sepenuhnya diperbaharui setelah kematian Ratu Elizabeth II. Seperti contohnya beberapa minggu lalu, Ratu Elizabeth masih disebut Raja hingga saat ini, sedangkan Raja Charles masih bergelar Prince of Wales dan Ratu Camilla masih disebut Duchees of Cornwall.

Istana Buckingham dalam sebuah pernyataannya menjelaskan bila situs web Keluarga Kerajaan berisi segala informasi tentang para bangsawan Inggris.

“Situs web Keluarga Kerajaan berisi lebih dari lima ribu halaman informasi tentang kehidupan dan pekerjaan Keluarga Kerajaan. Setelah kematian Yang Mulia Ratu Elizabeth II, konten telah ditinjau kembali dan diperbarui secara berkala. Beberapa konten mungkin kedaluwarsa hingga proses ini selesai,” isi pernyataan dalam website.

|Baca Juga: Harry-Meghan Minta Bareng Joe Biden Naik Pesawat Kepresidenan Usai Pemakaman Ratu Elizabeth

Foto: Dok. KARWAI TANG/WIREIMAGE

Penghapusan gelar ini sebenarnya sudah lama terjadi, lebih tepatnya setelah Harry dan Meghan memutuskan keluar sebagai anggota Keluarga Kerajaan pada tahun 2020 lalu.

Saat terjadi perubahan tersebut, Harry sempat membahas permasalahan ini bersama dengan Ratu Elizabeth, Pangeran Charles dan Pangeran William waktu itu. Dan Istana Buckingham mengumumkan bila gelar ‘Yang Mulia’ Harry Meghan telah dicopot.

Meski begitu, Harry dan Meghan masih akan disebut secara resmi sebagai Duke dan Duchess of Sussex. Tetapi sejak mereka pindah ke California, pasangan itu justru lebih sering memperkenalkan diri mereka sebagai ‘Harry’ dan ‘Meghan’ saja tanpa embel-embel yang lain.

|Baca Juga: Absen dari Penobatan Kedua Raja Charles III, Pangeran Harry Kepergok Nonton Parade di Montecito

Pangeran Harry sampai sekarang masih mempertahankan tempatnya di garis suksesi takhta. Dimana setelah kematian Ratu Elizabeth pada September tahun lalu, ia menempati posisi kelima setelah Pangeran William dan ketiga ponakannya Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis.

Meski Duke dan Duchess of Sussex tidak lagi bertugas atas nama Keluarga Kerajaan, tetapi anak mereka Archie dan Lili mendapatkan gelar setelah Raja Charles naik takhta. Website Keluarga Kerajaan menuliskan gelar Pangeran Archie sebagai Master Archie Mountbatten-Windsor dan Princess Lilibet sebagai Miss Lilibet Mountbatten-Windsor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here