7 Artis Indonesia yang Pernah Berperan Jadi Pahlawan Nasional. Aktingnya Penuh Totalitas!

7 Artis Indonesia yang Pernah Berperan Jadi Pahlawan Nasional. Aktingnya Penuh Totalitas!
Foto: Dok. Net/Imdb

Sudah banyak kisah pahlawan nasional yang telah diangkat ke layar lebar. Namun, sudahkah kalian tahu bahwa sederet artis di bawah ini pernah memainkan peran sebagai pahlawan Indonesia. Penasaran siapa saja mereka? simak terus ya.

1. Adipati Dolken 

Foto: Dok. Net

Film Jenderal Soedirman yang dirilis pada tahun 2015 itu berhasil diperankan dengan apik oleh aktor muda Adipati Dolken. Di film biopik tersebut, suami dari Canti Tachril itu tampil totalitas memerankan kisah sang jenderal yang sedang sakit paru-paru saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Adipati berani tampil beda dari film-filmnya terdahulu. Film itu juga dibintangi oleh Baim Wong yang memerankan tokoh Soekarno, sedangkan aktor senior Mathias Muchus menjadi Tan Malaka. 

|Baca Juga: Gara-Gara Film ‘Kutukan Peti Mati’, Yoriko Angeline Alami Kesurupan

2. Dian Sastrowardoyo

7 Artis Indonesia yang Pernah Berperan Jadi Pahlawan Nasional. Foto: Dok. Net/Imdb

Film Kartini menjadi salah satu film biografi terbaik yang pernah dibuat oleh anak bangsa. Mengisahkan tentang perjuangan nyata Kartini dalam memajukan perempuan-perempuan Indonesia selama masa penjajahan. Disutradarai oleh Hanung Bramantyo, sosok Kartini diperankan oleh aktris papan atas Indonesia, Dian Sastrowardoyo. Dengan menggabungkan berbagai elemen yang ada, tak salah bila film ini langsung menjadi box office dan meraup penonton lebih dari 300 ribu orang dalam enam hari tayang.

3. Lukman Sardi 

Foto: Dok. Net/Imdb

Tak hanya Ario Bayu, Lukman Sardi juga ikut andil dalam film Soekarno. Aktor veteran tersebut memerankan sosok wakil presiden pertama Indonesia yakni Bung Hatta. Dengan peran ini, Lukman mendapatkan penghargaan pemeran pendukung pria terbaik di Indonesian Movie Awards 2014. 

4. Ario Bayu 

Foto: Dok. Net/Imdb

Ingat dengan film Soekarno? Film yang dibintangi Ario Bayu ini merupakan salah satu film biopik pahlawan yang kerap diputar di layar kaca. Ya, presiden pertama Republik Indonesia itu berhasil diperankan oleh aktor berbakat Ario Bayu. Selain Soekarno, pemeran film 27 Steps of May itu juga pernah menjadi pahlawan tokoh Sultan Agung dalam film bertajuk Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta

5. Tika Bravani

Foto: Dok. Net/Imdb

Tak hanya Kartini, ada juga film Indonesia yang mengisahkan tentang toko pahlawan perempuan yakni Siti Walidah, istri dari KH Ahmad Dahlan. Film bertajuk Nyai Ahmad Dahlan ini rilis pada 24 Agustus 2017 dan mengangkat tentang perjuangan perempuan Muhammadiyah.

Siti Walidah atau yang dikenal sebagai Nyai Ahmad Dahlan, menjadi pendiri organisasi perempuan Aisyiyah yang berada di bawah naungan organisasi Muhammadiyah. Setelah menikah, Kyai Ahmad Dahlan dan Siti Walidah menjadi pasangan suami istri yang berpemikiran maju serta visioner untuk bersama membangun bangsa Indonesia.

|Baca Juga: 20 Tahun Absen, Sally Marcelina Comeback Lewat Film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon

6. Rendra Bagus Pamungkas 

Foto: Dok. Net/Imdb

Siapa sangka pemeran Adi Sulaiman di film Gundala pernah mendapatkan peran pahlawan Indonesia? Aktor yang juga aktif di dunia teater ini pernah memainkan sosok WR Supratman di film Wage, 5 tahun yang lalu. Wage menceritakan lika-liku hidup pencipta lagu kebangsaan kita, Indonesia Raya. Selain Rendra, film besutan John De Rantau ini, menampilkan Prisia Nasution yang berperan menjadi Gadis. 

7. Reza Rahadian 

Foto: Dok. Net/Imdb

Dijuluki aktor serbabisa, Reza Rahadian pernah memerankan pendiri Sarikat Islam, H.O.S Tjokroaminoto. Dalam film Guru Besar Tjokroaminoto, Reza tampil totalitas untuk merepresentasikan hidup pahlawan nasional tersebut. Tak tanggung-tanggung, film ini berhasil menyabet 7 Piala Maya, salah satunya dalam kategori film cerita panjang terpilih. *mir/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here