Shakira Terancam Diseret ke Penjara

shakira dipenjara atas penggelapan pajak
Foto: Page Six

Penyanyi asal Kolombia, Shakira terancam dipenjara atas dugaan kasus penggelapan pajak. Majelis hakim Pengadilan Spanyol dikabarkan tekah mengantongi cukup bukti untuk menyeret pelantun Waka Waka itu ke meja hijau. 

Hakim Marco Jesus Juberias sudah menyelesaikan proses pra-persidangan. Dalam dokumen pengadilan yang dirilis Kamis (29/7) lalu,  ia mengungkap, Shakira gagal membayar pajak sebesar 14,5 juta euro atau sekitar Rp 248 miliar, atas penghasilan yang diperoleh selama 2012 hingga 2014. 

“Dokumen dan barang bukti yang dilampirkan penggugat telah cukup untuk membawa kasus ini ke proses persidangan,” begitu bunyi oernyataan Hakim Marco dalam dokumen pengadilan tersebut. 

Badan Pajak Spanyol dan Kejaksaan memang telah melakukan investigasi mendalam. Mereka menemukan bukti kalau Shakira berbohong perihal periode tinggal di Spanyol.

shakira kasus penggelapan pajak
Shakira tersandung kasus penggelapan pajak. Foto: Popsugar

Baca juga: Shakira dan 19 Artis Dunia Ini Makin Memukau dengan Kemampuan Banyak Bahasa

Pemilik nama lengkap Shakira Isabel Mebarak Ripoll tersebut tinggal lebih dari enam bulan di Spanyol. Sebagai informasi, siapa pun yang tinggal lebih dari enam bulan di Spanyol wajib membayar pajak. 

Tak hanya itu, Shakira juga dituding menyembunyikan jumlah penghasilan sesungguhnya, melalui jejaring perusahaannya agar tidak membayar pajak. Hal tersebut juga dilakukan Shakira selama 2012 hingga 2014.

Mendengar tuduhan tersebut, tim Shakira langsung menyangkal kebenarannya. Mereka mengungkap bahwa penyanyi 44 tahun tersebut memiliki tempat tinggal utama di Bahama. Namun dilansir dari CNNShakira juga memiliki rumah di Barcelona, Spanyol yang ditempatinya bersama pasangannya, Gerard Pique. 

Mereka mengatakan kalau Shakira tidak tinggal di Barcelona hingga tahun 2015. Ia pun sudah memenuhi kewajibannya setelah itu.

shakira dan gerard pique
Shakira dan Gerard Pique. Foto: David Ramos/Getty Images

Baca juga: 14 Pasangan Selebriti untuk Mengembalikan Kepercayaanmu pada Cinta

Meski begitu, Shakira bersama timnya akan bersikap kooperatif dengan proses hukum yang akan berjalan. “Ini adalah langkah yang harus dilakukan. Kami tetap percaya diri dan sepenuhnya kooperatif dengan pengadilan. Kami tak akan berkomentar lebih lanjut,” ujar tim hukum Shakira. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here