Terinspirasi Suasana Ramadhan, Merpati Band Kenalkan ‘Buka Puasa’

Foto: Dok. Nagaswara

Masih ingat Merpati Band yang pernah mempopulerkan lagu Tak Selamanya Selingkuh Itu Indah pada 2008 silam? Selalu merilis single religi setiap Ramadan, rutinitas itu kembali dilanjutkan.

Merpati bisa dikatakan sebagai grup band yang paling produktif merilis single-single religi dengan pesan-pesan moral, sebagai bentuk syiar agama. Jelang Ramadan, Merpati band resmi merilis single berjudul Buka Puasa.

Andi Merpati, menciptakan lagu Buka Puasa terinsipirasi dari keseharian suasana di bulan puasa.

“Mulai dari niat puasa, makan sahur, seharian menahan lapar, haus, menjaga emosi, dan menjelang magrib kita ngabuburit, pas buka puasanya dengan membaca doa buka puasa, setelah itu sholat tarawih, tadarusan alquran, dan ibadah ibadah-ibadah lainnyalah, termasuk sholat lima waktu jangan sampai ketinggalan,“ jelas Andi Merpati.

Konsep musiknya di lagu Buka Puasa dibuat lebih riang dan lebih upbeat dan sangat terasa suasana ramadhannya. Liriknya easy listening dan mudah diingat, ada beat-beat arabiknya dan di reff-nya ada pengulangan lirik baca doa buka puasanya.

Video klip Buka Puasa telah rampung digarap. Syuting video klip dilakuakan oleh PH Rupa Kreatif di dalam studio di daerah Tebet, Jakarta Selatan dengan konsep diambil dari keseharian yang di lakuan umat muslim di dalam bulan ramadhan. Hal tersebut dihadirkan dakam visual.

“Intinya dari mulai sahur hingga berbuka puasa, itu ngapain dan soal keseruan berpuasa, menahan napsu dan dahaga hingga tiba buka berpuasa, sholat tarawih sampai tadarusan baca Qur’an,” terang Andi.

Baca Juga: Starfire, Band Pop Rock Arahan Andika ‘The Titans’ Rilis EP

Merpati band termasuk band yang sudah merasakan pahit dan manis di blantika musik Indonesia dalam berkarya dan berkarir di dunia musik. Band yang beranggotakan Andi (vokal), Boegil (drum), Dauz (gitar), dan Ayuz (bas) ini sudah menghasilkan beberapa album dan pernah meraih penghargaan di industri musik tanah air.

Single Tak Selamanya Selingkuh Itu Indah menjadi lagu pembuka Merpati band dan menancapkannya sebagai band bergenre pop Melayu. Selain itu banyak karya lagu serta prestasi yang dihasilkan dan diraih selama kurun waktu 2 dekade ini.

Konsistensi dan fokus di musik untuk sebuah band bukanlah hal yang mudah. Karena semua personil harus mengawal perjalanan bandnya. Begitupun dengan Merpati di masa-masa naik dan turun. Dari awal muncul di blantika musik Indonesia hingga kini. Walaupun tak tahu akan berujung dimana. Pastinya yang terbaik menjadi harapan semua personil band itu.

Single terakhir, 11 bulan lalu yang diluncurkan bertitel Wanita Sholehah juga salah satu bukti Andi dan kawan kawan konsisten berkarya dan produktif dengan menciptakan single-single bergenre pop dengan tema religi. Bahkan, single kolaborasi dengan penyanyi solois wanita juga sering dilakukan Merpati band.

Baca Juga: Tiru Coldplay, Andika eks The Titans Bentuk Band Think A Belle

Perjalanan 2 dekade Merpati band di blantika industri musik Tanah Air adalah salah satu bukti band Merpati ini selalu kompak dan solid, termasuk dalam berkarya dan eksis di dunia pertunjukan musik.

Dan kini lewat single religi terbarunya itu yang mengangkat tema tentang sebuah kewajiban rutin yang dilakukan umat Islam di setiap bulan Ramadan Buka Puasa. Tema yang ringan tersebut dipercaya dapat dengan mudah masuk ke telinga penggemarnya yaitu Sayap Sayap Merpati.

“Harapannya semoga lagu ini dapat di terima masyarakat dan mengingatkan masyarakat untuk jangan lupa berdoa dahulu sebelum buka puasa. Kemudian lagu ini juga dapat diputar di radio-radio di sepanjang bulan ramadhan, baik ketika jelang buka puasa saat bedug maghrib atau adzan magrib,“ tutup Andi Merpati. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here