12 Superfood yang Mampu Mendetoksifikasi Tubuh – Bagian 1

0
168
Foto: Pexels

Merasa loyo atau hilang keseimbangan? Punya masalah dengan kulit, sakit dan nyeri, atau gangguan pencernaan? Mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk mendetoksifikasi tubuh.

Detoksifikasi (detoks) adalah proses pengeluaran racun, atau zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendetoks tubuh. Salah satunya, dengan mengonsumsi bahan makanan bernutrisi dan menyehatkan.

Berikut ini 6 jenis bahan makanan bernutrisi yang bisa digunakan untuk mendetoksifikasi tubuh.

1Lemon

Lemon kaya antioksidan dan vitamin C, yang sangat baik bagi kulit dan efektif memerangi radikal bebas penyebab gangguan kesehatan. Asam sitrus dalam lemon membantu tubuh mengeluarkan racun, dan menstimulasi saluran pencernaan, serta membantu hati dalam proses pengeluaran racun.

Selain itu, buah-buahan berasa asam juga memiliki efek alkali pada tubuh, yang artinya dapat membantu menyeimbangkan pH tubuh, dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Mulailah hari Anda dengan segelas air hangat dengan perasan lemon, untuk membantu tubuh membuang racun serta membersihkan sistem metabolisme tubuh.

2Bawang Putih

Bawang putih sangat baik untuk detoksifikasi. Aroma tajam bawang putih memiliki fungsi anti virus, anti bakteri, antibiotik. Kandungan allicin bawang putih mendorong pembentukan sel darah putih, serta memerangi racun dalam tubuh.

Bawang putih sangat baik dimakan dalam keadaan mentah. Agar aromanya tak terlalu mengganggu, campurkan langsung dengan saus salad. Tak hanya memperkaya rasa, namun juga baik bagi kesehatan Anda.

3Jahe

Jika sistem pencernaan Anda kerap terganggu akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak atau alkohol, konsumsilah jahe sebagai bagian detoks. Jahe tidak hanya berguna mengurangi rasa mual, namun juga dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan, dan mengurangi kandungan gas dalam sistem pencernaan.

Selain itu, jahe juga kaya kandungan antioksidan, yang baik bagi sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk air jahe, atau menambahkan parutan halus pada jus buah atau sayur.

4Selada Air

Daun selada air, kaya kandungan gizi yang diperlukan dalam proses detoksifikasi, seperti kelompok vitamin B, zinc, potasium, vitamin E, dan vitamin C. Manfaat kedua, selada air memiliki kandungan diuretik alami, yang membantu tubuh mengeluarkan racun secara cepat. Anda dapat menambahkan selada air pada salad, sup, dan sandwich.

5Teh Hijau

Setiap upaya detoksifikasi yang dilakukan, tak akan lengkap tanpa konsumsi cairan yang memadai, karena cairan membantu kesehatan organ tubuh serta membantu proses pembuangan racun dari tubuh. Konsumsi teh hijau adalah salah satu pilihan terbaik, karena teh hijau kaya antioksidan yang dapat membersihkan racun dari sistem metabolisme. Selain itu, mengandung sejenis antioksidan catechin yang membantu fungsi hati, serta melindungi hati dari serangan penyakit.

6Bit

Foto: Net

Inilah bahan makanan yang paling tepat bagi Anda, yang memerlukan suntikan gizi secara cepat. Karena bit tinggi magnesium, zat besi, dan vitamin C yang baik bagi kesehatan. Mulai dari kesehatan kulit, rambut dan menurunkan kolesterol, serta membantu pembuangan racun oleh hati. Untuk mendapatkan hasil terbaik, tambahkan irisan bit mentah dalam salad atau konsumsilah dalam bentuk jus. • nik/bbs/rez