Mengenal Menstrual Cup dan Cara Pakainya

menstrual cup

Belakangan penggunaan menstrual cup banyak digunakan wanita modern. Mendukung gerakan ramah lingkungan yang menurut Sustaination, dalam sehari saja ada 26 ton sampah pembalut di Indonesia.

Bila dibedah satu persatu, maka satu wanita saja rata-rata bisa menghasilkan sampah pembalut sekali pakai sekitar 10 sampai 15 ribu seumur hidupnya. Wow! Bayangkan kalau sampah pembalut itu menumpuk dan mencemari lingkungan dengan zat kimianya, seperti pewangi, pemutih, dioxin hingga campuran plastik.

Sehingga, nggak salah jika para wanita menggunakan itu untuk meminimalisir terjadinya resiko kesehatan jangka panjang. Buat yang belum tahu, menstrual cup merupakan sebuah wadah berbahan silikon elastis menyerupai corong. Alat ini bisa kamu pakai selama 5 tahun lho!

tampon-menstrual-cup
Pembalut, tampon, dan menstrual cup

| Baca juga: Suka Mengunyah Es Batu? Ternyata Kebiasaan Ini Jadi Tanda Gangguan Kesehatan Lho. Kok Bisa?

Menstrual cup tidak sama dengan tampon. Dia menampung darah yang keluar selama periode, dan setiap maksimal 5 jam sekali kamu harus segera menggantinya.

Sementara tampon adalah pembalut yang berbentuk seperti tabung yang sama-sama dimasukkan ke vagina, tetapi dia akan menyerap darah menstruasimu maksimal 4 jam ke depan. Setelah dipakai tampon harus dibuang dan tidak bisa digunakan lagi.

Tidak perlu takut ketika akan menggunakan menstrual cup, sebab tingkat kecemasan dan perasaan tegang akan membuat dinding vagina menyempit. Kalau sudah begitu, tampon tidak akan bisa masuk. Ini yang membuat orang tidak nyaman.

Selain itu, orang Indonesia yang masih memegang adat ketimuran menganggap benda ini tidak cocok dipakai perempuan yang belum menikah, sebab bisa merobek selaput darah.

Faktanya, menurut dr. Arthur S., SpKK, FINSDV atau yang lebih dikenal di Instagram dengan @dokterkulitkucom selaput dara wanita itu beragam jenisnya dan semuanya berlubang. “Kalau tidak berlubang bagaimana dara haid bisa keluar kan?” tulisnya.

Nah, buat kamu yang masih setia menggunakan menstrual cup atau ingin memakainya untuk pertama kali, kamu bisa melakukannya dengan cara yang sudah digambarkan berikut ini ya! (*)

menstrual-cup-c-fold
Dok. YouTube Mommies Daily
menstrual-cup-punch-down
Dok. YouTube Mommies Daily
menstrual-cup-7-fold
Dok. YouTube Mommies Daily
diamond-fold
Dok. YouTube Mommies Daily

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here