New York Diguncang Gempa Berkekuatan M4,7

Kota New York dan sekitarnya dilanda gempa berkekuatan M4,7. (Foto: USGS)
Kota New York dan sekitarnya dilanda gempa berkekuatan M4,7. (Foto: USGS)

Baru saja terjadi gempa di Kota New York, Amerika Serikat (AS) pada Jumat (5/4/2024). Tepatnya sekitar pukul 10.20 waktu setempat (15.20 GMT). Survei Geologi AS (USGS) mengungkapkan gempa tersebut dirasakan dari Boston hingga Baltimore.

Dilansir dari laman BBC, gempa bumi yang jarang terjadi mengguncang gedung-gedung di Kota New York City dan sekitarnya.

Survei Geologi AS mengatakan pusat gempa berkekuatan 4,8 skala Richter berada di timur laut Whitehouse Station, New Jersey.

| Baca Juga: Potret Gedung-gedung Ambruk Akibat Gempa Dahsyat di Taiwan

Hal itu membuat pertemuan Dewan Keamanan PBB mengenai Gaza di markas besarnya New York untuk sementara dihentikan karena gempa tersebut.

“Apakah itu gempa bumi?” ujar perwakilan Save the Children Janti Soeripto yang menjadi pembicara saat itu.

Gedung-gedung di Brooklyn terguncang, pintu lemari dan perlengkapannya bergetar. Apakah ada yang terdampak gempa? Sampai saat ini masih belum ada informasi lebih lanjut.

| Baca Juga: Tebing Pulau Kura-kura di Taiwan Runtuh Akibat Gempa

Meski begitu, dalam laporan CNBC Internasional, Gubernur New York Kathy Hochul meminta timnya untuk segera bergerak, mengecek kerusakan bangunan akibat gempa.

“Tim saya sedang menilai dampak dan kerusakan apa pun yang mungkin terjadi, dan kami akan memberikan informasi terbaru kepada publik sepanjang hari,” tulisnya di media sosial X (dulu Twitter). (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here