Potret Gedung-gedung Ambruk Akibat Gempa Dahsyat di Taiwan

Gedung ambruk akibat gempa di Taiwan. Foto: Dok. TVBS/BBC
Gedung ambruk akibat gempa di Taiwan. Foto: Dok. TVBS/BBC

Gempa bumi dahsyat melanda Taiwan di sekitar lepas pantai timur pada Rabu (3/4) lalu. Sedikitnya, ada tujuh orang tewas akibat gempa bumi berkekuatan 7,5 Magnitudo (M) itu, dengan puluhan orang lainnya mengalami luka-luka.

Kota yang paling terdampak adalah Hualien, terlihat beberapa bangunan roboh karena letaknya berdekatan dengan pusat gempa. Bisa dikatakan bila ini adalah gempa terkuat di Taiwan selama hampir 25 tahun terakhir.

Gempa yang kuat ini bahkan sampai bisa dirasakan di daerah pedalaman dan pegunungan di Taiwan, yang juga menyebabkan tanah longsor setelahnya.

Dari rekaman video yang diambil saat gempa, terlihat gedung-gedung di ibu kota Taipei berguncang dengan hebatnya.

“Gempa itu dekat dengan daratan dan dangkal. Gempa ini terasa di seluruh Taiwan dan pulau-pulau lepas pantai… Ini adalah yang terkuat dalam 25 tahun terakhir,” kata Wu Chien Fu, direktur Pusat Seismologi Taipei.

|Β Baca Juga: Warisan UNESCO Rusak, Berikut Fakta Gempa Di Maroko

Dilansir dari BBC, Departemen Pemadam Kebakaran Nasional Taiwan (NFA) melaporkan saat ini sedikitnya ada tujuh orang tewas dan lebih dari 57 orang mengalami luka-luka.

Beberapa orang bahkan terjebak di dalam gedung dan terowongan kota, berharap pihak berwajib akan segera menolong mereka.

Sebelumnya, gempa tersebut telah memicu peringatan tsunami di pulau dan negara-negara tetangga.

Di Taipei sendiri, dari rekaman yang beredar memperlihatkan bangunan tempat tinggal ambruk dan orang-orang dievakuasi dari rumah dan sekolah.

Gempa ini juga telah menghancurkan kendaraan di sepanjang jalan karena terkena reruntuhan bangunan.

Gempa bumi ini terjadi pada pukul 07:58 waktu setempat di kedalaman 15,5 km. Kemungkinan, gempa ini bisa memicu sembilan gempa susulan yang berkekuatan 4 skala richter (SR) atau bahkan lebih besar lagi. Menurut US Geological Survey, gempa ini terletak sekitar 18 km di selatan Kota Hualien.

Hualien sendiri terletak di pantai timur Taiwan, di wilayah pegunungan yang luas. Kota-kota disekitar daerah ini terbilang cukup jarang penduduknya.

Alhasil, akibat gampa ini jalanan utama dan jalur kereta yang menghubungkan Hualien ke seluruh Taiwan kini terputus. Regu penyelamat kemungkinan harus memasuki daerah itu melalui jalur udara.

Gempa ini menjadi yang terkuat sejak 25 tahun terakhir. Tepatnya pada tahun 1999, gempa berkekuatan 7,6 skala richter pernah menghantam Taiwan dan menewaskan 2.400 orang serta menghancurkan lebih dari 5.000 bangunan.

|Β Baca Juga: 9 Hari Tertimbun Reruntuhan Bangunan, Ibu dan Dua Anaknya Berhasil Selamat dari Gempa Turki

Sementara itu, Badan Meteorologi Jepang, telah menurunkan peringatan kepada semua warga agar tetap waspada dengan gelombang tsunami, yang diperkirakan setinggi 3 meter di wilayah pantai barat daya. Peringatan ini sudah berlangsung selama satu minggu.

Di waktu yang berdekatan, Badan Seismologi Filipina juga mengeluarkan peringatan tsunami tidak lama setelah gempa terjadi. Mereka mendesak penduduknya untuk mengungsi ke dataran tinggi, namun peringatan ini segera dibatalkan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here