7 Idol K-pop yang Dirikan Agensi Sendiri di Tahun 2023

Foto: Dok. Net

Fenomena idol K-Pop mendirikan agensinya sendiri, telah banyak ditemui beberapa tahun terakhir. Beberapa diantara mereka lebih memilih membuat label sendiri, daripada bekerja di bawah agensi yang populer. Di tahun 2023 sendiri, banyak idol K-pop yang berani mendirikan agensi sendiri. Yuk intip para idol ini dengan agensi yang mereka dirikan. Check this out!

  1. Kino (Pentagon) – NAKED

View this post on Instagram

A post shared by 키노 KINO (@831×10)

Setelah meninggalkan CUBE Entertainment, Kino dari Pentagon mengumumkan akan membentuk agensinya sendiri bernama, NAKED, pada 15 Desember 2023 lalu. Makna ‘NAKED’ sendiri sebagai lambang kedekatan kepada publik, dengan pribadi yang apa adanya dan otentik.

Baca Juga: Lagu Terbaru Jennie ‘BLACKPINK’ Diduga untuk V ‘BTS’

  1. Jennie (BLACKPINK) – ODD ATELIER

Tahun lalu, Jennie hanya memperpanjang kontrak dengan YG Entertainment untuk kegiatan grup saja. Setelahnya, ia mendirikan agensinya sendiri, ODD ATELIER pada November 2023. Jennie menjelaskan alasannya membuka label sendiri. Ia ingin menjalani aktivitas individunya dengan bebas.

  1. D.O (EXO) – Company Soosoo

Company Soosoo, ialah agensi yang didirikan oleh DO EXO khusus untuk kegiatan solo akting dan menyanyinya. Ia mendirikan agensinya di akhir 2023, bersama dengan manajernya sendiri.

  1. BAEKHYUN (EXO) – INB100

Langkah DO EXO ternyata mengikuti jejak rekan segrupnya Baekhyun. Sebelumnya, Baekhyun sudah terlebih dahulu mendirikan agensi sendiri, INB100 pada 23 Juni 2023 lalu. Label ini sekarang bertanggung jawab atas kegiatan individu dan unit dari tiga anggota EXO-CBX yakni Chen, Baekhyun dan Xiumin.

  1. Rocky (Eks ASTRO) – ONE FINE DAY ENTERTAINMENT

Setelah meninggalkan ASTRO, Rocky mendirikan agensinya sendiri, ONE FINE DAY ENTERTAINMENT, pada Agustus 2023. Nama label ini memiliki makna harapan, bahwa setiap hari akan menjadi hari yang indah.

Baca Juga: V ‘BTS’ Pakai Rambut Palsu, Dibilang Mirip Jennie ‘BlackPink’

  1. Donghae & Eunhyuk (Super Junior) – ODE Entertainment

Dua anggota boy group Super Junior, Donghae dan Eunhyuk, mendirikan agensi mereka sendiri, ODE Entertainment, pada tahun 2023. Label musik ini berfokus kepada kegiatan individu saja, sementara mereka masih bersama SM Entertainment untuk aktivitas grup.

  1. Sunggyu (INFINITE) – INFINITE Company

Tahun lalu, Kim Sungkyu, leader INFINITE, mendirikan INFINITE Company. Agensi ini ia dedikasikan sepenuhnya untuk mendukung kegiatan grupnya. Pada Juli 2023, INFINITE melakukan comeback pertama dengan semua anggotanya, di bawah agensi milik Sunggyu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here