Intip Momen Upacara Adat Vidi Aldiano dan Sheila Dara Jelang Pernikahan. Dari Siraman Hingga Ngeyeuk Seureuh

Foto: Dok. Instagram @vidialdiano

Penyanyi Vidi Aldiano dan kekasihnya Sheila Dara telah melangsungkan beberapa upacara adat sebelum hari pernikahan mereka. Rangkaian upacara dimulai dari pengajian, sungkeman, siraman, dan ngeyeuk sereuh. Yuk intip momen bersejarah bagi Vidi dan Sheila ini.

1. Pengajian

Sebelum upacara adat dimulai, tampak Vidi melakuakan pengajian terlebih dahulu. Acara ini memang bukan hal wajib untuk dilaksanakan, namun dengan adanya pengajian diharapkan calon pengantin dan keluarga bisa diberikan keberkahan dan kelancaran menuju hari H.

Vidi mengenakan baju koko berwarna pastel dan kopiah hitam dalam acara pengajiannya itu, sedangkan calon istrinya mengenakan baju berwarna senada dengan kerudung yang menutupi bagian rambutnya.

2. Sungkeman

Sungkeman merupakan tradisi yang sudah jadi ciri khas orang Jawa sebelum pernikahan. Sungkeman sendiri diambil dari kata sungkem yang berarti bersimpuh sambil mencium tangan orang tua. Hal ini ditujukan sebagai rasa hormat seorang anak kepada orang tuanya.

Vidi terlihat menangis saat menjalani tradisi ini, didampingi oleh kedua adiknya, penyanyi 31 tahun itu menggunakan beskap dan kain batik lalu bersimpuh di hadapan orang tuanya.

|Baca Juga: Kental Nuansa Jawa, Intip Momen Lamaran Vidi Aldiano dan Sheila Dara yang Penuh Haru

3. Siraman

Acara dilanjutkan dengan prosesi siraman. Upacara ini sebagai simbol untuk melunturkan segala hal negatif kepada calon pengantin agar saat hari pernikahan berlangsung dirinya sudah kembali suci untuk melangkah di kehidupan selanjutnya.

Ketika prosesi siraman berlangsung tampak Vidi dan Sheila memakai kain jumputan yang dipadukan dengan roncean melati untuk menutupi bagian bahunya. Terlihat ekspresi bahagia dari kedua mempelai ini.

|Baca Juga: Tiga Bulan Menahan Rindu, Ini Ungkapan Vidi Aldiano pada sang Kekasih

4. Ngeyeuk Seureuh

Tradisi dari sunda yang merupakan simbol permintaan restu kepada kedua orang tua masing-masing. Orang tua mempelai akan memberikan benda-benda sebagai simbol ritual yang akan dipimpin oleh seorang pemandu adat.

Vidi dan sheila mengenakan baju adat dengan warna senada yakni hijau tua. Mereka didampingi oleh orang tua masing-masing untuk melakukan ritual ngeyeuk seureuh ini.

Rangkaian upacara yang dijalani Vidi Aldiano dan Shila Dara berlangsung dengan hikmat dan intim. Semoga dilancarkan sampai hari pernikahan ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here