Aktor Kawakan Johny Indo Berpulang, Terjadi Perdebatan soal Pemakaman

Aktor kawakan Johny Indo meninggal dunia, Minggu (26/1) pagi. Sosok yang dikenal sebagai mantan perampok era 70-an itu berpulang di usia 72 tahun.

Kabar tersebut dibenarkan oleh cucu Johny, Santa. “Iya jam 07.45, lima menit setelah meninggal kita dikasih tahu,” ujar Santa kepada wartawan.

johny-a
Foto: Reza Wibisono/Nyata

Santa menambahkan, kakeknya memiliki riwayat penyakit hernia. Johny juga sempat menjalani operasi belum genap sebulan lalu.

“Sebenarnya kan udah usia juga, dulu sempet hernia, cuma kita sudah operasi kurang lebih belum sampai sebulan, sih. Terus namanya anaknya, Dr Eva, pergi-pergi. Jadi dia sendiri, sempet jatuh, terus akhirnya dirawat. Sekarang tinggalnya sama istrinya, Bu Stelavia di Tangerang, itu udah gak bisa bangun. Mungkin karena bekas jatuh itu,” tutur Santa.

“Semalam sih masih mau makan lahap pas sore, tapi pas malam udah mulai gak mau makan, muntah-muntah pagi tiba-tiba gak ada aja,” imbuhnya.

johny-c
Foto: Reza Wibisono/Nyata

Baca juga: Tragis! 8 Artis Indonesia yang Meninggal Karena Kanker

Sementara itu, nama Johny melambung setelah merampok toko emas di Cikini, Jakarta Pusat pada 1979 lalu. Ia melakukan aksi tersebut bersama kelompoknya Pasukan China Kota (Pachinko).

Hasil merampoknya tersebut tidak dinikmati sendiri. Tetapi juga dibagikan kepada rakyat miskin. Karena itulah ia dijuluki sebagai ‘Robin Hood’.

Karena ulah perampokannya tersebut, Johny harus mendekam di penjara Nusakambangan selama 14 tahun. Baru tiga tahun dipenjara, Johny berusaha melarikan diri bersama 34 gerombolannya.

Istri pertama (kiri) dan istri ke tiga (kanan)
Foto: Reza Wibisono/Nyata

Setelah bertahan selama 12 hari, akhirnya Johny kembali ditangkap. Johny sempat bermain dalam sejumlah film. Salah satunya yang mengangkat kisahnya dalam karya layar lebar yang bertajuk Johny Indo.

Bukan hanya terkenal sebagai ‘Robin Hood’ dan aktor. Johny juga sempat dikenal sebagai seorang pendakwah setelah memutuskan untuk bertaubat. Ia pun mengganti namanya menjadi Umar Billah.

Meski begitu, sang cucu mengatakan kalau sebelum meninggal Johny memutuskan untuk kembali memeluk agama Kristen.

“Yang penting opa kita selamet. Masuk surga. Udah waktu terakhir meninggalnya. Ia terima Tuhan Yesus lagi. Udah balik lagi bertaubat ke agama sini (Kristen). Karena meninggalnya di sini yang ngurusin emak. Di sini emak kan istrinya (yang pertama). Jadi terserah ya kita kuburin secara Kristen,” kata sang cucu.

Tapi, kabar yang beredar, sempat terjadi perdebatan soal pemakaman Johny Indo. Istri ke dua Johnny, Dilah Kurnila, yang datang sari Sukabumi, meminta agar suaminya itu dimakamkan secara muslim.

Kabarnya, Johny akan dimakamkan secara muslim di Selapajang, Tangerang, Senin (27/1) pagi besok. “Awalnya keluarga yang muslim minta jenazah Johny dimakamkan di Leuwiliang, Bogor. Tapi setelah rembukan akhirnya disepakati dimakamkan di Tangerang,” ujar sumber Nyata.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here