Bagi kalian yang sudah memiliki pasangan tapi belum menikah, biasanya siapa yang akan membayar tagihan ketika kalian sedang berkencan? Si pria atau wanita? Hal ini memang sudah menjadi perdebatan lama, haruskah selalu pria yang membayar ketika kencan?

Beberapa wanita setuju, bahwa prialah yang seharusnya membayar tagihan. Namun ada juga yang mengatakan, bahwa tagihan tersebut harusnya dibagi dua.

Terkait perdebatan tersebut, beberapa saat lalu Matthew Hussey yang seorang dating expert, yang juga seorang penulis best seller, mengungkapkan pendapatnya mengenai hal ini. Kita dapat melihat versi lengkapnya melalui sebuah video yang diambil di sebuah forum dating yang dipimpin oleh Matthew.

“Ketika kalian sedang berkencan, siapa yang harus membayar tagihan?” tanyanya pada para wanita yang memenuhi ruangan tersebut.

“Pria!” jawaban serentak segera terdengar.

Setelah sedikit tertawa, dirinya segera mengatakan bahwa ketika wanita mengatakan kalau sang prialah harus membayar, maka secara tidak langsung kita sudah mengatakan bahwa hubungan ini tidak seimbang.

Di video tersebut, Matthew mengatakan jika sang wanita sedang berkencan dan tidak menawarkan diri untuk membayar bagiannya, maka wanita tersebut tidak diajarkan dengan baik. Sedangkan jika sang pria tidak menawarkan untuk membayar maka dia juga tidak diajarkan dengan baik. Ketika melihat isu ini dari sudut pandang pria, dikatakannya bahwa yang sangat berarti bagi para pria adalah usaha.

Yang terpenting dari sebuah hubungan, baik itu masih seumur jagung atau sudah terjalin lama adalah keseimbangan. Matthew menyamakan hubungan asmara dengan persahabatan.

“Aku tidak akan mengatakan pada sahabatku: ‘Mari kita selalu jalan-jalan untuk makan malam dan kamu yang terus membayar.’ Aku akan mengatakan: ‘Mari selalu bekerjasama dalam hal apapun.’”

Tapi hal ini dapat menjadi berbeda ketika pasangan tersebut memiliki kondisi finansial yang berbeda. Menurut Matthew jika hal ini terjadi, yang terbaik adalah dengan membayar bagian yang mampu kita bayar. Hal ini akan sangat berarti bagi seorang pria, karena dia tidak akan merasa diperdaya hanya untuk membayar tagihan.

Bagaimana menurut kalian, pria atau wanita yang seharusnya membayar pada saat kencan? Atau kalian setuju dengan pendapat Matthew, bahwa dalam sebuah hubungan keduanya harus saling berbagi?