20 Hal yang Hanya Dilakukan Penggemar K-Pop Sejati

0
816
Foto : Allkpop

Demam K-Pop memang sudah melanda Indonesia sejak beberapa tahun belakangan. Penggemarnya pun sudah tersebar luas dan berasal dari berbagai fandom. Mulai dari boyband dan girlband lawas seperti TVXQ, Super Junior, Bigbang, SNSD hingga yang terbaru seperti BTS, EXO dan Red Velvet.

Menjadi penggemar K-Pop memang memiliki suka dan duka. Bahkan ada beberapa hal yang hanya dirasakan oleh K-Popers. Mau tahu apa aja? Yuk cek daftaranya di bawah ini.

1. Begadang untuk menunggu waktu rilis video klip idola

Para boyband/girlband, biasanya merilis video klip terbaru mereka pukul 00.01 waktu Korea Selatan. Hal ini bukanlah halangan bagi para K-Popers, untuk menjadi orang pertama yang menonton karya sang idola. Bahkan, perbedaan waktu tidak menghalangi mereka untuk tetap menunggu.

2. Download semua lagu dan album boyband/girlband idola

Pengumuman tanggal rilis album sang idola, menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Setelah hari itu tiba, mereka akan berbondong-bondong mengunduh semua lagu yang ada di album tersebut.

Bahkan, jika mereka adalah penggemar baru, para newbie ini akan mencoba mengenal sang idola dengan mengunduh album-album lamanya.

3. Bookmark semua situs untuk download lagu dan drama

Mengingat nama situs yang membagikan secara gratis lagu dan drama Korea, bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, bookmark  menjadi salah satu jurus jitu para K-Popers, untuk mempermudah mereka dalam menandai laman-laman tersebut.  

4. Menghafal lirik lagu Bahasa Korea

Meski terkadang tidak diucapkan secara benar, para K-Popers adalah orang-orang yang memiliki niat tinggi untuk menghafal lagu-lagu sang idola.

Baca juga :  7 Bintang K-Pop Inilah Calon CEO Masa Depan

5. Nabung untuk beli album dan merchandise official

Memiliki album dan merchandise official, selalu menjadi mimpi para K-Popers. Namun, harga yang tidak murah, membuat mereka harus nabung dulu untuk membelinya. Bahkan, mereka rela mengurangi uang jajan agar bisa memeluk album sang idola.

6. Pamer ke temen-temen K-Pop lain, jika punya merchandise official

Setelah nabung lama, dan album ataupun merchandise official berada dalam genggaman, momen selanjutnya adalah pamer ke sesama K-Popers. Hal ini memberikan rasa puas tersendiri bagi mereka.

7. Nangis dan tutup semua akun media sosial, saat gak bisa nonton konser idola

Banyak sekali penyanyi K-Pop, yang pernah mengadakan konser di Indonesia. Mulai dari Bigbang, Super Junior, hingga SNSD. Namun, tidak semua K-Popers bisa pergi untuk nonton konser sang idola.

Nah, ketika hal itu terjadi, seringkali mereka menghindari berbagai media sosial, agar tidak merasa sedih ketika tahu ada unggahan yang berhubungan dengan konser itu. Bahkan, menangis bukanlah hal yang aneh untuk mereka yang tak bisa datang.

8. Nonton semua video fanmade atau streaming konser

Foto : Susanwu Blog

Tak hanya menangis, lebih banyak lagi para penggemar yang berburu video fanmade dari konser yang tak bisa dikunjunginya. Sehingga, mereka bisa merasakan kehebohan panggung musik sang idola.

Bahkan, ketika ada pilihan live streaming, hal ini akan menjadi angin segar bagi para K-Popers.

9. Menabung untuk nonton konser

Foto : Joshua Ongys

Setelah tak bisa nonton konser pada suatu kesempatan, biasanya mereka mengumpulkan niat untuk menabung, sehingga mereka memiliki cukup uang untuk datang di momen konser berikutnya.

10. Nangis saat idola punya pacar

Nah, ini nih yang bikin para K-Popers patah hati. Mereka yang selalu menganggap idolanya sebagai sang kekasih hati, tak jarang akan menangis ketika ada pernyataan resmi dari manajemen, bahwa artis yang mereka sukai sudah menjalin hubungan asmara.

11. Nangis saat idola berangkat wamil

Wajib militer memang tak bisa dihindarkan bagi seluruh warga negara Korea Selatan, dari berbagai profesi, khususnya para pria. Keberangkatan sang idola untuk wamil, menjadi momen yang menyedihkan. Namun di satu sisi, hal ini akan menimbulkan rasa bangga karena oppa-oppa (sebutan kakak dalam Bahasa Korea) mereka telah menjadi warga negara yang baik dan patuh.

12. Nonton semua film/drama yang dimainkan idola

Foto : HanCinema

Menggemari karya musik sang idola, bukanlah satu-satunya yang mereka lakukan. Ketika penyanyi yang mereka banggakan, bermain dalam sebuah film atau drama, bisa dipastikan mereka akan menonton karya tersebut dengan antusias. Tidak peduli peran yang dimainkannya besar atau tidak.

13. Belajar Hangul dan Bahasa Korea

Annyeong Haseyo (kata salam dari Bahasa Korea, red) dan Saranghaeyo (aku mencintaimu, red) menjadi kata-kata awal yang mereka pelajari. Hal ini akan berkembang lebih dalam, bahkan mereka juga akan belajar tulisan Hangul dengan sukarela.

14. Punya member favorit (bias)

tak terduga, kita bertemu lagi,oh bias ku duaduanya ;')

A post shared by Cinta Rahmania Putri K (@cintakuya) on

Dari sejumlah anggota yang ada dalam sebuah boyband, pasti ada satu member utama yang menjadi favorit K-Poper yang disebut dengan bias.

15. Bakal loyal ke satu manajemen

Mengidolakan salah satu boyband ataupun girlband, seringkali membuat mereka mengagumi artis atau penyanyi lain dari manajemen yang sama.

Biasanya, mereka yang mengidolakan Bigbang akan menjadi penggemar 2NE1, karena kedua grup musik itu berasal dari YG Entertainment. Hal ini juga berlaku untuk penggemar para artis dari manajemen lain.

16. Tahu gestur-gestur imut ala Korea

K-Popers menjadi yang pertama tahu akan gestur-gestur imut khas Korea. Karena mereka mengadopsi hal tersebut dari idolanya.

17. Mulai ada ketertarikan dengan dance

Hampir semua girlband dan boyband memiliki tarian untuk setiap lagunya. Hal ini membuat para penggemarnya ikut melenggangkan tubuh, ketika nonton pertunjukan musik mereka. Bahkan, ketika para penggemar hanya mendengarkan lagunya, mereka akan terbawa suasana dan menari.  

18. Memenuhi kamar dengan dekorasi yang berhubungan dengan K-Pop

Jarak geografis yang membatasi antara K-Popers Indonesia dengan sang Idola yang berada di Korea, tidak membuat mereka berkecil hati. Mereka melakukan apapun agar bisa merasakan kehadiran idolanya. Termasuk memenuhi dinding kamar dengan poster-poster boyband atau girlband idola.

19. Gabung di fandom-fandom Korea dan heboh tiap kali ada berita yang menyangkut sang idola

Bergabung dengan fandom menjadi sebuah kebahagiaan para K-Popers. Karena di sana, mereka bisa berbagi cerita dan hal-hal menarik seputar idola.

Selain itu, mereka juga akan heboh bersama ketika ada berita yang menyangkut idola yang mereka puja.

20. Beli semua tabloid dan majalah yang ada berita sang idola, apalagi yang ngasih merchandise

K-Popers tertarik dengan setiap berita tentang idolanya. Mereka akan membeli semua majalah ataupun tabloid yang memuat kabar penyanyi favoritnya. Bahkan, mereka selalu memburu setiap media yang mau memberikan merchandise ataupun gift yang berbau Korea.

Wow! Super sekali ya para K-Popers ini. Manakah dari daftar di atas yang sesuai dengan diri kalian? Kasih tahu kita di kolom komentar ya.