Ketika Arsitektur Masjid 5 Benua Jadi Inspirasi Busana Muslim Berkelas

0
105
busana-muslim-shafira
Foto: Resa Wibisono/Nyata

Genap 30 tahun sudah, brand Shafira membuktikan eksistensinya di dunia fashion Tanah Air. Khususnya fashion muslim Indonesia. Bertepatan dengan momen spesial ini, Shafira akan menggelar fashion show istimewa.

Menurut CEO Shafira, Feny Mustafa, pagelaran yang akan diadakan pada 29 Maret 2019 di Indonesia Fashion Week 2019 ini, akan menggusung tema World Wanderer. Ada 74 koleksi fashion item yang akan dipresentasikan.

Uniknya, fashion item tersebut terinspirasi dari arsitektur masjid di lima benua, yaitu Eropa, Afrika, Amerika, Australia dan Asia.

“Tak hanya lima masjid. Koleksi yang kami sajikan di IFW 2019 tersebut, juga mengambil tema budaya dan representasi perempuan, di negara tersebut,” ujar Feny Mustafa, saat ditemui di Pacific Place, SCBD, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Baca juga: 4 Gaya Kece Putri Diana yang Dicontek Meghan Markle

Salah satu masjid yang jadi inspirasinya adalah Cologne Mosque, Jerman. Bangunan tersebut memiliki unsur arsitektur futuristik. Hal ini kemudian dituangkan dalam bentuk paduan busana, dengan cutting yang tegas, dengan palet warna pastel, abu-abu, biru dan merah muda.

busana-muslim-shafira-4
Busana yang terinspirasi dari Cologne Mosque, Jerman. Foto: Resa Wibisono/Nyata

Baca juga: Pesona Batik Nusantara di Panggung New York Fashion Week 2019

Arsitektur Masjid Hassan II, Maroko dituangkan dalam busana yang tak kalah epik, dengan nuansa etnik. 

“Pada koleksi busana yang diadaptasi dari arsitektur Masjid Hassan II di Maroko, ada sentuhan nuansa etnik. Karena itu busana yang ditampilkan juga playful lengkap degan kristal Swarovski,” tambah wanita yang memulai bisnisnya di kota Bandung ini.

busana-muslim-shafira-2
Terinspirasi dari Masjid Hassan II, Maroko. Foto: resa Wibisono/Nyata

Baca juga: Harga 6 Jam Tangan Anggun C. Sasmi Ini Setara Rumah Mewah

Dari benua Amerika, arsitektur Masjid Islamic Center of Washington menjadi inspirasi, untuk menciptakan busana yang formal dan classy. Potongan ini sangat tepat, untuk menggambarkan muslimah yang dinamis dengan executive look yang tegas sekaligus anggun.

busana-muslim-shafira-3
Arsitektur Masjid Islamic Center of Washington jadi inspirasi dari busana ini. Foto: resa Wibisono/Nyata

Baca juga: Sudah Jadi Nenek, Gaya Feby Febiola Tak Kalah dengan Gadis Remaja

Dari benua Australia, masjid Adelaide Central Mosque dipilih menjadi inspirasi, untuk busana berunsur safari look, dengan motif aboriginal art dipadukan dalam palet earth tone.

“Desain tersebut diaplikasikan dalam kain dengan teknik pewarnaan alam (natural dye). Sehingga memiliki karakter yang kuat,” tambah wanita yang juga membuat brand Zoya ini.

busana-muslim-shafira-5
Safari look yang terinspirasi dari Adelaide Central Mosque. Foto: Resa Wibisono/Nyata

Terakhir adalah masjid Baiturrahman Aceh, yang dipilih mewakili benua Asia. Busana yang diciptakan menggabungkan konsep sporty, dengan sisi etnik motif gayo khas Aceh, sehingga menghasilkan gaya kontemporer.

busana muslim shafira
Terinspirasi dari Masjid Baiturrahman Aceh. Foto: Resa Wibisono/Nyata

Baca juga: Menilik 6 Koleksi Tas Hermes Luna Maya yang Kece Banget

Nah, itu dia lima busana muslim yang terinpirasi dari arsitektur masjid di lima benua. Mana yang jadi favorit kalian nih, girls(*)