Ratu Elizabeth Copot Gelar Pangeran Andrew Gara-Gara Skandal Pelecehan

Foto: Dok. GettyImages

Ratu Elizabeth secara berani mengambil keputusan untuk melucuti gelar ‘Yang Mulia’ kepada Pangeran Andrew yang sedang terkena skandal, bersamaan dengan itu Ratu juga mencopot afiliasi militernya buntut dari kasus pelecehan seksual yang menimpanya.

“Dengan persetujuan Ratu, afiliasai militer Duke Of York dan perlindungan kerajaan telah dikembalikan kepada Ratu,” pernyataan resmi Istana Buckingham yang diunggah di Instagram pada, Kamis (13/1) lalu.

“Duke Of York tidak akan melakukan tugas publik dan akan membela kasus ini sebagai warga negara” lanjut mereka.

Dilansir dari The Daily Beast meski pernyataan itu tidak merinci, sumber yang dekat dengan Andrew mengatakan jika keputusan itu dilakukan atas persetujuan dirinya sendiri.

Foto: Dok. GettyImages

|Baca Juga: 70 Tahun Naik Tahta, Ratu Elizabeth Diabadikan Sebagai Nama Pulau di Australia

Sang Ratu yang selama beberapa tahun ini menolak untuk mencopot Andrew dari afiliasi militernya, ternyata langsung mengambil keputusan setelah hakim New York menolak permintaan Andrew untuk membatalkan gugatan pada kasus Virginia Giuffre. Virginia menuduh Andrew memperkosanya tiga kali ketika dia diperdagangkan secara seksual diumurnya yang ke 17 tahun oleh teman pangeran tersebut, Jeffrey Epstein.

Menurut Virginia lewat wawancaranya dengan BBC, dia menjelaskan jika Andrew melecehkannya secara seksual di London 20 tahun lalu ketika dirinya masih dibawah umur.

Keputusan Ratu itu mengejutkan banyak pihak, mengikuti saran lebih dari 150 veteran militer yang menuliskan surat kepadanya. Andrew dianggap sebagai orang yang “tidak dapat dipertahankan” dalam perannya sebagai panglima angkatan bersenjata.

Foto: Dok. GettyImages

|Baca Juga: Gemes Banget! Diam-Diam Ratu Elizabeth Punya Akun Facebook Rahasia. Apa Namanya?

Andrew, hingga saat ini masih memegang gelar ‘Kolonel Pengawal Grenadire’ dan beberapa gelar lainnya.

Gelar itu masih dipertimbangkan lagi oleh istana Buckingham dan masih dalam proses ‘penundaan’. Namun, Ratu masih menginginkan Andrew tetap dengan gelar tersebut karena posisi yang ia pegang saat ini adalah gelar dari mendiang suaminya, Pengeran Philip.

Lepasnya gelar His or Her Royal Highness (HRH) ini juga dilakukan oleh Pengeran Harry dan Meghan Markle ketika memutuskan untuk menjadi waga sipil biasa, pencopotan ini dilakukan agar mereka tidak mengambil ‘untung’ dari gelar tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here