Apa yang muncul di benakmu ketika mendengar kata dansa? Mungkin kamu membayangkan dansa di ballroom yang luas dan mewah, atau sepasang laki-laki dan perempuan yang saling memeluk dan mengangkat tubuh pasangannya? Sebenarnya, dansa juga dapat membuat tubuhmu lebih kuat dan sehat, sekaligus juga panjang umur dan awet muda lho! Latihan dansa memang memiliki banyak manfaat yang berguna untukmu bahkan hingga usia tua nanti. Apa saja manfaat dansa?

Pose Yoga Sederhana yang Bisa Dilakukan di Rumah Siapa bilang yoga susah dilakukan? Pose yoga sederhana ini siap buat kamu … [Read More]

1Terus Awet Muda

Ketika kamu berdansa, sistem kardiovaskularmu akan berkembang dan bentuk ototmu pun menjadi semakin kuat. Pada akhirnya, kedua hal ini mampu memperlambat proses penuaan dan membuatmu terlihat awet muda.

2Membakar Kalori Dalam Jumlah Besar

Ketika berdansa, tubuhmu akan membakar banyak kalori sementara meningkatkan staminamu pada saat yang sama. Tubuh akan membakar sekitar 5 hingga 10 kalori tiap menit ketika berdansa, tergantung dari kecepatan dan intensitas latihan. Untuk kamu yang ingin membakar kalori besar namun kurang suka dengan tipe latihan seperti TRX, dansa bisa menjadi alternatif.

3Latihan untuk Otak

Manfaat dansa lainnya adalah untuk latihan mental bagi otak, karena selama latihan kamu harus terus mengingat gerak langkah dan pola dansa. Latihan mental seperti ini menjaga pikiran tetap tajam dan awet muda.

4Tulang yang Kuat

Berdansa juga dapat mencegah dan mengobati penyakit osteoporosis, terutama bagi wanita pasca menopause yang mulai kekurangan asupan kalsium. Berdansa juga dapat mencegah penyakit arthritis, karena selalu menjaga sendi tetap terlumasi.

5Keseimbangan yang Lebih Baik

Gerakan dan latihan dansa dapat meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan tubuh. Selain itu, berdansa juga dapat memperkuat otot tubuh dan gerak refleksmu.

6Menjaga Kolesterol yang Baik

Berdansa membantu mengendalikan zat lemak lipid di dalam tubuh, yang meningkatkan kadar HDL, atau kolesterol baik, serta mengurangi kadar LDL, atau kolesterol jahat. Tidak hanya itu, berdansa juga dapat mencegah diabetes karena mampu menjaga tingkat gula darah.

7Mengenal Budaya Lain

Dansa secara tidak langsung membuka cakrawala kita akan budaya baru. Kamu bisa mencoba dansa salsa, yang berasal dari Amerika Latin, atau dansa waltz yang berasal dari Austria. Kamu pun bisa mendengarkan musik yang berasal dari berbagai negara di dunia. Dengan nuansa yang berbeda seperti ini juga mampu membuat dirimua refreshing secara tidak langsung.

8Berkenalan dengan Orang Baru

Kelas dan latihan dansa adalah cara mudah untuk mencoba mendapatkan teman baru, apalagi jika kamu sering berganti pasangan dansa. Memiliki teman membantumu untuk terus berkembang, mendapatkan dukungan, dan dapat tertawa bersama, yang semuanya mendukung hidup yang lebih panjang.

9Hidup Lebih Bahagia

Berdansa meningkatkan kadar hormon endorphin di dalam tubuh, yang mana akan membuatmu merasa lebih bahagia, membantu melawan stres, depresi, dan meningkatkan rasa percaya diri.

10Lebih Dekat dengan Pasangan

Banyak jenis dansa romantis, seperti cha cha dan tango, mengharuskanmu untuk menjadi lebih dekat dengan partner dansamu. Bukan hanya baik untuk tubuh, tapi bagi kamu yang sudah memiliki pasangan, dansa bisa menjadi salah satu cara untuk membuat hubunganmu menjadi semakin romantis.

Resep Hidup Sehat Untuk Capai Usia Tua Jepang memiliki rata-rata angka harapan hidup tertinggi diantara negara-negara lain di dunia … [Read More]

Bagaimana? Banyak juga manfaat dansa bukan? Tidak ada salahnya jika kamu mencobanya dahulu sekedar untuk merasakan secara langsung efek dari latihan dansa pada tubuhmu. Kamu bisa mencari kelas dansa di internet atau ke sanggar terdekat. Kamu juga bisa datang seorang diri atau langsung membawa teman sebagai partner. Tapi, yang jelas, jangan canggung atau malu-malu ketika mulai berdansa. Siapa tahu, kamu justru merasa keasyikan dan tidak bisa berhenti setelah pertama kali mencoba.