Aktris Lawas Jane Fonda Lagi-Lagi Terkena Kanker. Bagaimana Kondisinya?

Foto: Dok. Netflix "Grace And Frankie" / JON KOPALOFF

Di usia 84 tahun, aktris lawas Jane Fonda dinyatakan terkena kanker. Pada Jumat (2/9) lalu dia mengumumkan jika menderita Limfoma non-Hodgkin dan sudah menjalani kemoterapi selama enam bulan.

”Ini kanker yang sangat bisa diobati. 80 persen orang yang menderita kanker ini sembuh, jadi saya merasa sangat beruntung,” kata bintang Grace and Frankie tersebut.

Jane merasa beruntung karena dia memiliki asuransi kesehatan dan punya akses ke dokter dan perawatan dengan baik. ”Hampir setiap keluarga di Amerika harus menghadapi kanker atau lainnya pada suatu waktu. Namun masih terlalu banyak yang tidak memiliki akses ke perawatan kesehatan berkualitas,” imbuhnya.

Kanker adalah guru dan saya memperhatikan pelajaran yang diberikan untuk saya. Dan kanker seiring dengan usia saya, yang hampir 85, jelas mengajarkan pentingnya beradaptasi dengan kenyataan baru,” jelasnya. Rekan-rekan selebriti seketika memberikan dukungan dan semangat untuknya. Reese Witherspoon menulis, ”Kuberikan seluruh kekuatanku, Jane! Love You.”

Sedangkan supermodel Naomi Campbell mengucapkan, ”Queen yang luar biasa. @janefonda terima kasih, bahkan di masa sulit ini kamu berbagi dengan kami. Sangat penting memiliki pola pikir positif dan kamu melakukannya, GOD BLESS. Dukungan dan doa saya menyertaimu.”

|Baca Juga: Usai Dapat Penghargaan dari Kerajaan Inggris, Aktivis Kanker Deborah James Meninggal

Foto: Dok. CNN/GettyImages

Masih banyak ucapan dukungan dari rekan selebriti. Bagi Jane sendiri, ini kali ke tiga dia terkena kanker. Sebelumnya dia menjalani lumpectomy untuk menghilangkan pertumbuhan kanker di payudaranya pada tahun 2010. Lumpectomy adalah operasi untuk mengangkat kanker atau jaringan abnormal lainnya di payudara. Kemudian tahun 2018, dia menjalani operasi lagi untuk mengangkat tumor ganas di bibir bawahnya dan pertumbuhan pra-melanoma dari kulitnya.

|Baca Juga: Akhirnya Terkuak! Kondisi Terakhir Bayi Nick Cannon Sebelum Meninggal Dunia Karena Kanker Ganas

Limfoma Non-Hodgon adalah jenis kanker ke lima paling umum di Amerika. Demikian dikatakan ahli onkologi di Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering, yang punya spesialis menangani penyakit ini. National Cancer Institute ini memperkirakan ada lebih dari 80 ribu kasus limfoma non-Hodgin tahun ini.

Jane Fonda selama ini dikenal sebagai aktris, pelopor senam aerobik dengan posisi kaki menjulur ke atas membentuk huruf V dan sekarang ada satu tambahan aktivitas yaitu sebagai aktivis lingkungan.

Peraih dua Academy Award untuk penampilannya di Klute dan Coming Home itu berulang kali ditahan karena aktivitasnya itu. Tahun 2019, dia ditahan setelah protes di Washington karena berdemo perubahan iklim.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here