Berdayakan Perempuan, Komunitas Kain dan Kebaya Indonesia (KKI) Siap Sasar Generasi Milenial

Foto: Dok. Padnya/Nyata

Sepak terjang Komunitas Kain dan Kebaya Indonesia (KKI) dalam hal pemberdayaan wanita tak perlu diragukan lagi. Sejak berdiri pada tahun 2019 silam, komunitas ini semangat dalam menggerakkan wanita untuk bisa berdikari dan berdaya dalam segala hal. Mulai dari sisi ekonomi, etika hingga pelestarian budaya.

Di bidang ekonomi misalnya. Komunitas ini sudah punya program rutin berupa pelatihan-pelatihan UMKM, seperti membuat sandal, batik hingga keterampilan merias pun mereka ajarkan. Melalui program ini wanita akar rumput bisa mandiri secara finansial. Tak heran jika komunitas ini sudah memiliki anggota sebanyak 1500 yang tersebar di seluruh pulau Jawa.

|Baca Juga: 13 Busana Terbaik BAFTA TV Awards 2022. Salah Satunya Tampil Anggun dengan Kebaya!

Foto: Dok. Padnya/Nyata

Sukses itu ternyata tak membuat komunitas ini berpuas diri. Sebab di tahun ini, mereka mulai merambah kaum milenial. Dalam hal pelestarian budaya berkebaya dan berkain.

“Kita (KKI, red) sekarang mulai masuk ke generasi milenial. Dari siswa SMP, SMA, sampai Mahasiswa, biar nggak lupa kebudayaan,” kata Mieke Sifora, Founder sekaligus Ketua DPP KKI Jawa Timur di Gedung Balai Pemuda Surabaya, Kamis (1/6) lalu.

“Caranya bagaimana? ya, dengan menggerakkan sosialisasi di sekolah dan kampus. Dan mengajak mereka menjadi bagian di setiap acara yang digelar KKI,” lanjut Mieke.

|Baca Juga: Bak Bangsawan! Ini 8 Gaya Agnez Mo dalam Balutan Kebaya Modern

Hal senada juga dikatakan oleh Renny Arijani, Ketua Dewan Pengurus Cabang Surabaya. Wanita yang baru dilantik menjadi ketua di dua periode kepemimpinan itu akan menularkan virus kebudayaan kepada generasi milenial.

“Agar mereka tetap mencintai budaya Indonesia, yang tidak lagi dianggap indah buat anak-anak muda milenial, mudah-mudahan mereka tervirusi dengan kita berkebaya seperti ini,” ucapnya, di momen yang sama.

Bagi kamu yang penasaran seperti apa Komunitas Kain dan Berkebaya dan sejarah terbentuknya? Baca ulasannya di Tabloid Nyata edisi 2686. Dapatkan Tabloid Nyata di:

Surabaya:
ShopeeTokopedia: Nyata Store Official

Untuk berlangganan: 082131583223
Happy Reading!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here