Kisah keluarga kerajaan Inggris memang selalu menarik untuk diikuti, terutama ketika yang menjadi pusat perhatian itu adalah Kate Middletone, sang Duchess of Cambridge. Mungkin akibat latar belakangnya yang juga berasal dari rakyat biasa, Kate terkadang suka melakukan beberapa hal di luar kebiasaan keluarga kerajaan. Seperti pada waktu putrinya, Charlotte, lahir Kate mengambil foto resminya sendiri dan bukan dengan fotografer profesional seperti kebiasaan kerajaan. Tapi, siapa sangka kalau foto kelahiran Putri Charlotte itu justru membuat Kate Middleton diangkat menjadi anggota kehormatan Royal Photographic Society.

Baru-baru ini dilaporkan bahwa Kate Middletone menerima penghargaan lifetime honorary membership dari salah satu organisasi fotografi tertua di dunia itu berkat foto dari putri Charlotte yang diambil tak lama setelah kelahirannya pada tahun 2015 kemarin. Pada waktu itu, Kate yang memang menggemari fotografi memutuskan untuk memotret sendiri anaknya, tidak mengikuti tradisi kerajaan seperti yang berlaku selama ini. Ketika dulu ia mengunggah foto putrinya tersebut, banyak orang yang mempertanyakan keputusannya. Bahkan hingga mengungkit-ungkit hobi fotografi Kate dan foto-foto yang ia ambil di hutan hujan Kalimantan.

Kini, foto Pangeran George memeluk adik bayinya itu membawa Kate menerima salah satu penghargaan tertinggi dari Royal Photographic Society. Mengutip keterangan dari Dr. Michael Pritchard, Chief Executive dari Royal Photographic Society,

“The Duchess of Cambridge has had a long-standing interest in photography and its history. She is the latest in a long line of royal photographers and the society is pleased to recognise her talent and enthusiasm through honorary membership. “We look forward to a continuing relationship with her.”

Sang Duchess of Cambridge memang sangat suka mengambil foto, terutama foto tentang kedua anaknya, Pangeran George dan Putri Charlotte. Sering kali, sang putri mengambil gambar kedua anaknya itu secara candid, menunjukkan kepolosan dan kelucuan kedua buah hatinya itu secara natural. Echa rasa tidak aneh kalau Kate Middleton menerima penghargaan istimewa seperti itu berkat foto-fotonya.

Kate Middleton
Photo: Getty / HRH The Duchess of Cambridge 2016

Royal Photographic Society didirikan pada tahun 1885 berkat dukungan kerajaan dari Ratu Victoria dan Pangeran Albert. Organisasi ini bertujuan untuk mendukung dunia fotografi melalui pameran dan pertunjukan, selain juga memberikan program-program beasiswa.

Penasaran dengan kisah Ratu Inggris ini (dan keluarganya)? Baca juga ulasan lengkapnya di Tabloid Nyata edisi 2375.