5 Bahaya Sleep Call Bagi Kesehatan

Terlihat Romantis, Tapi Ternyata Terdapat 5 Bahaya Sleep Call Bagi Kesehatan
Terlihat Romantis, Tapi Ternyata Terdapat 5 Bahaya Sleep Call Bagi Kesehatan

Sleep Call merupakan cara romantis yang dilakukan bagi mereka memiliki hubungan jarak jauh. Sleep Call sendiri berasal dari kata sleep dan call yang artinya tidur dan panggilan. Sleep Call bermakna yang merujuk pada sebuah aktivitas menelpon seseorang hingga tertidur, kebanyakan panggilan telepon ini masih berjlanjut hingga pagi hari.

|Baca Juga : Momen Romantis Mikha Angelo Resmi Melamar Gregoria Mariska

Sekilas tren sleep call ini terlihat sangat romantis, namun yang nyatanya romantis ada bahaya kesehatan yang tersembunyi dibaliknya. Berikut bahayanya :

*Ilustrasi sleep call. Foto : Dok. Freepik

1. Menganggu Siklus Tidur

Penggunaan ponsel dalam periode waktu satu sampai dua jam memiliki dampak buruk bagi kualitas tidur. Kadar melotin yang ada didalam tubuh kita yang membuat kita Lelah biasanya meningkat sebelum tidur.  Akan tetapi layar ponsel memancarkan Cahaya biru yang menghambat produksi melatonin sehingga membuat kita menjadi susah tidur.

2. Resiko Luka Bakar

Ketika kita melakukan sleep call, ponsel biasanya akan terasa panas. Kejadian itu meningkatkan risiko batre ponsel akan terbakar sehingga memicu terjadinya kebakaran ditempat tidur, bahkan meledak yang bisa membuat luka menjadi serius.

Sebuah riset dari Jurnal Elsevier mengungkapkan jika baterai yang terbakar atau terlalu panas dapat menyebabkan luka bakar tingkat dua. Luka bakar tingkat dua seperti kulit melepuh, nyeri, kemerahan, dan pembengkakan.

3. Radiasi

Bahaya radiasi juga mengintai loh! ponsel memancarkan radiasi yang dapat terkena sinyal transmisi sekitar 900 MHz. Maka dari itu ketika kita tidur meletakan ponsel didekat kepala dalam waktu yang lama dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri otot, dan berbagai masalah kesehatan rumit lainnya.

Walaupun orang-orang cenderung menaruh ponsel didekatnya ketika tidur dengan berbagai alasan yang beraneka macam, bagaimanapun juga lebih baik mulai sekarang tidak dilakukan karena mencegah lebih baik daripada menyesal dikemudian hari.

4. Kurang Konsentrasi di Pagi Hari

Sleep Call pastinya menyita waktu tidurmu dan juga menguras energi mu yang seharusnya kamu beristirahat. Kamu pasti akan merasa Lelah sehingga tidak dapat berkonsentrasi dengan baik di pagi hari karena kurang tidur dan mengantuk. Sehingga memungkinkan kamu akan mengalami stress karena kurang istirahat gara-gara aktivitas itu.

| Baca Juga : 7 Rekomendasi Drama Korea Tentang Kesehatan Mental

5. Berpotensi tingkatkan Kanker

Menurut WHO, dikutip dari laman Cnn bahwa radiasi oleh elektromagnetik dari ponsel berpotensi dapat meningkatkan resiko kanker pada manusia. Namun sayangnya belum ada data pasti tentang hal itu *ban/pra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here