Wajib Tahu, Cara Bersikap Gentleman Hadapi Pasangan yang PMS

Ilustrasi PMS (Foto : Gettyimages)
Ilustrasi PMS (Foto : Gettyimages)

Premenstrual Syndrome atau PMS adalah sebuah momen di mana kaum hawa akan memasuki masa menstruasi mereka. Di momen inilah, para wanita akan mengalami banyak gejala fisik, psikologis, hingga emosi. Jangan heran, para pria akan menemukan pasangan yang sangat moody ketika PMS.

Pasangan yang sedang PMS akan menunjukkan emosi tidak stabil karena adanya perubahan hormon. Seperti mudah tersinggung atau marah-marah. Ketika menstruasi, hormon progesteron diduga mengganggu sirkulasi kimia pada otak, termasuk hormon yang bertugas untuk mengatur mood yang disebut serotonin.

| Baca Juga : Sempat LDR, Hubungan 5 Pasangan Artis Ini Berujung Pernikahan

Kondisi inilah yang akan mempengaruhi amygdala, struktur otak yang berkaitan dengan emosi. Itulah mengapa, sebagian wanita akan merasa lebih sensitif bl, gelisah, moody, hingga cepat marah ketika PMS.

Sebagai seorang pasangan, mungkin para kaum adam kerap merasa bingung bagaimana cara menghadapi wanita yang sedang PMS. 

Serba salah, karena apapun yang dilakukan bisa jadi “bumerang” untuk kamu sendiri. Nah, agar kamu tidak bingung lagi, silahkan simak cara mudah bersikap gentleman untuk menghadapi pasangan yang sedang PMS. 

1. Sabar

Untuk tips pertama, suka tidak suka kalian harus sabar ketika menghadapi pasangan yang sedang PMS. Hal tersebut karena perubahan emosi pasangan kalian hanyalah sementara, dan kerap bukan karena keinginannya.

| Baca Juga : 5 Zodiak Ini Terkenal Paling Setia Terhadap Pasangan

Bahkan ada beberapa wanita yang tidak tahu kalau sikapnya seketika menjadi lebih emosi dan lebih sensitif ketika PMS. Jadi kalian wahai kaum adam, tidak perlu merasa “baper” dan ikut terbawa emosi karena sikap pasangan kalian. 

Namun, bila sikap pasangan kalian sudah berlebihan, akan lebih baik bila tetap mengingatkannya dengan cara yang tepat. 

2. Dengarkan Dia

Bagi beberapa wanita, PMS membuat suasana hati menjadi bimbang, sedih, dan sangat mudah untuk seketika menangis. Kalau sudah begitu, kalian cukup menjadi pendengar yang baik untuk pasangan. 

Dengarkan saja apapun yang pasangan kalian katakan, dan sebatas saran saja untuk hindari memberi komentar, “kok gitu aja kamu menangis?”, komentar tersebut akan sangat berpotensi membuat mood pasangan memburuk. 

Karena di saat seperti ini, umumnya, wanita hanya ingin didengar dan dimengerti perasaannya saja tanpa perlu dikomentari.

Ingatlah wahai kaum adam, cukup dengarkan saja pasangan kalian dan tidak perlu memberi komentar.

| Baca Juga : 7 Pasangan Selebriti yang Dijodohkan Sampai Akhirnya Menikah

3. Maklumi Keinginannya

Perubahan hormon juga dapat memicu wanita untuk ingin terus makan. Itulah mengapa terdapat wanita yang nafsu makannya seketika meningkat ketika PMS, meskipun sebenarnya dia bukan tipe orang yang suka makan. 

Kalau pasanganmu mengalami gejala ini, lagi-lagi hindari berkomentar “Kok kamu makan terus? Nanti gendut, lho”. Karena selain membuat mereka tidak merasa nyaman, komentar kalian juga berpotensi membuat pasangan jadi bad mood. Jadi, maklumi saja. 

4. Biarkan Istirahat

Ketika PMS, beberapa wanita akan mengalami kram, nyeri perut, pegal-pegal, dan gejala fisik lainnya. 

Sebatas tips untuk kalian para lelaki, daripada apa yang kalian lakukan serba salah dan justru membuat pasangan kalian merasa tidak nyaman, kalian lebih baik membiarkannya seorang diri. 

| Baca Juga : 6 Pasangan Selebriti Korea Paling Langgeng dan Harmonis

Tinggalkan pasangan mu sejenak agar mereka dapat beristirahat, biarkan juga mereka meredakan rasa sakit yang sedang mereka alami. 

5. Tetap Berada di Sampingnya

Meski ketika PMS pasangan mu menjadi lebih sulit dimengerti dan bahkan bahkan beberapa dari mereka menjadi lebih menyebalkan, bukan berarti kalian diperbolehkan untuk menghindari kondisi tersebut. 

Tetaplah setia di sampingnya dan selalu siap ketika pasangan mu membutuhkan bantuan. Perlu digaris bawahi kalau bagaimanapun, sindrom PMS ini hanya sementara.

Memang, tidak semua wanita mengalami sindrom PMS ini. Akan tetapi, tidak ada salahnya kalau kamu tahu cara menghadapi pasangan PMS dengan tepat. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here