China Kembali Kirim 2 Panda ke Amerika Setelah 20 Tahun

Salah satu panda yang dikirim ke Amerika. Foto: Dok. Instagram @ipandachannel
Salah satu panda yang dikirim ke Amerika. Foto: Dok. Instagram @ipandachannel

Pemerintah China akan kembali mengirimkan dua ekor panda ke kebun binatang San Diego, Amerika, setelah 20 tahun lamanya sejak mereka mengirimkan panda pertama kali pada tahun 1996 dan 2003.

Pada bulan Februari kemarin, Asosiasi Konservasi Margasatwa Tiongkok menandatangani kerjasama perjanjian dengan kebun binatang San Diego untuk kolaborasi konservasi panda.

Lalu pada Rabu malam, 26 Juni, sepasang panda bernama Yun Chuan (jantan, usia 5 tahun) dan Xin Bao (betina, 4 tahun) diberangkatkan dari Ya’an Bifengxia Panda Base dan akan sampai ke Amerika pada akhir pekan nanti.

Setibanya di Amerika, kedua panda ini nantinya tak bisa langsung bertemu dengan publik. Perlu karantina beberapa minggu agar Yun Chuan dan Xin Bao mampu beradaptasi dengan lingkungan baru.

| Baca Juga : Punya Kucing Menggemaskan, Ini Cara Merawat ala Nagita Slavina

Dalam perjanjiannya, Yun Chuan dan Xin Bao akan tinggal di kebun binatang San Diego selama 10 tahun kedepan.

“Segera setelah tim kesehatan dan perawatan satwa liar telah memastikan jika Yun Chuan dan Xin Bao siap bertemu publik, San Diego Zoo Wildlife Alliance akan membagikan tanggal debut dan informasi detil cara bertemu mereka,” kata perwakilan dari kebun binatang.

Paul Baribault, kepala eksekutif kebun binatang San Diego menyambut bahagia datangnya dua hewan endemik China ini. “Perpisahan (panda) ini akan merayakan perjalanan mereka dan memperkuat kolaborasi antara Amerika Serikat dan China dalam upaya konservasi yang penting,” katanya.

Sejak bulan April kemarin, tim perwakilan dari kebun binatang San Diego telah lebih dulu bertemu dengan dua panda tersebut untuk berdiskusi menemukan cara terbaik merawat mereka.

| Baca Juga : Berbasis AI, Aplikasi Buatan Jepang Bisa Deteksi Perasaan Kucing

Tim perwakilan menyatakan jika Yun Chuan adalah panda dengan kepribadian yang lembut, sopan, dan menyenangkan. Sedangkan Xin Bao adalah panda betina yang introvert tetapi memiliki sikap lembut dan lucu dengan wajah manis yang bulat dan telinga besar.

Sementara itu, Yuan Chuan dan Xin Bao menjadi panda keempat dan kelima yang dirikimkan oleh China ke Amerika.

Sebelumnya pada tahun 1696, China pernah mengirimkan sepasang panda bernama Bai Yun dan Shi Shi dan melahirkan satu ekor anak dari hasil inseminasi buatan.

Lalu pada tahun 2003, China kembali mengirim satu panda jantan bernama Gao Gao untuk menjadi pasangan baru dari Bai Yun dan melahirkan 5 ekor anak setelahnya.

Pada tahun 2019, seluruh panda yang tersisa di kebun binatang San Diego dikembalikan ke China. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here