Lewat Film Melodialog, Ajak Anak Muda Tidak Takut Mengejar Mimpi

film melodialog
Poster film Melodialog karya Adriano Rdiman. Dok. Visinema

Film pendek musikal berjudul Melodialog resmi dirilis pada Jumat, 25 Maret 2022. Film yang dibuat dalam rangka 25 tahun perjalanan paduan suara Batavia Madrigal Singers (BMS) ini dibuat dengan tujuan menginspirasi anak muda untuk tidak takut mengejar mimpi. Disutradarai oleh Adriano Rudiman, film ini melibatkan seluruh anggota Batavia Madrigal Singers untuk menjadi kru dan pemain.

Ternyata tak mudah memproduksi sebuah film musikal. Sutradara harus piawai dalam hal pemilihan lagu. Sebab jika kurang tepat memilih lagu biaya yang dikeluarkan bisa membengkak. Adriano menyebut terdapat 17 lagu yang telah disiapkan, tapi akhirnya hanya 7 lagu yang dipilih. “Ada beberapa lagu yang enggak bisa. Kayak wow, mahal sekali,” terangnya kepada awak media Minggu (27/3).

Beruntung, budget produksi tetap bisa ditekan karena menggunakan sumber daya yang ada. “Kita lebih murah dibanding seharusnya, karena talent BMS itu enggak perlu dibayar, tapi hanya pengganti transportasi tetap ada, ya,” imbuh Adriano.

adriano-rudiman-melodialog
Adriano Rudiman bersama istri dalam premiere Melodialog. Dok. Instagram @astro_dio

| Baca juga: Memukau! UK Petra Pentaskan Opera Gianni Schicchi

Film ini berkisah tentang seorang pria yang bekerja di sebuah warehouse inventory, merasa terjebak dalam rutinitas sehari-harinya yang monoton. Sementara musik adalah sesuatu yang telah lama terpendam dan ditinggalkan olehnya. Suatu hari, pria itu memutuskan untuk mewujudkan kembali mimpi-mimpinya melalui musik dan menjadi bagian dari sebuah paduan suara.

Namun, perjalanannya menggapai mimpi tidak mudah. Ia harus berjuang menghadapi berbagai tantangan. Mulai dari perdebatan batin di dalam dirinya sendiri, hingga perpecahan yang terjadi di dalam grup.

Selain menginspirasi dan memotivasi anak muda, film Melodialog dibuat juga untuk mengenalkan Batavia Madrigal Singers kepada dunia. ‚ÄúDengan film ini, saya dan teman-teman di Batavia Madrigal Singers ingin mengajak dan menginspirasi anak-anak muda di seluruh Indonesia untuk tidak takut mengejar mimpi,” ujar Eksekutif Produser Giok Hartono.

batavia-madrigal-singers
Paduan suara Batavia Madrigal Singers (BMS). Dok. BMS

| Baca juga: Designated Survivor: Dukung Perempuan untuk Berkarya, Berkembang, dan Berdampak

Karena ini merupakan film musikal, tentu musik memegang peranan penting dalam Melodialog. Direktur Musik, Avip Priatna memilih musik yang dapat menggambarkan betapa penting dan nikmatnya menjadi diri sendiri dalam pengertian positif.

“(Lewat Melodialog) kita bisa bebas mengaktualisasikan diri dan berkarya sesuai minat dan kemampuan. Paduan suara merupakan salah satu wadah yang dapat membantu proses menemukan diri sendiri sekaligus belajar menjadi orang yang berempati terhadap lingkungan sekitar,” bebernya.

Perlu diketahui, Batavia Madrigal Singers sendiri adalah salah satu paduan suara terkemuka di Indonesia yang telah mengukir banyak prestasi bergengsi di kancah nasional maupun internasional. Semenjak berdiri tahun 1996, BMS telah menjadi barometer bagi banyak paduan suara di tanah air. Rentang komposisi yang dibawakan BMS sangat beragam, komposisi musik dari zaman klasik hingga kontemporer, serta beraneka aliran dari barok hingga pop modern. *nez

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here