6 Keluarga Kerajaan Dunia Kumpul untuk Kenang Setahun Meninggalnya Pangeran Philip

anggota-kerajaan-dunia-hadir-di-peringatan-wafat-pangeran-philip
Ratu Maxima dan Raja Willem Alexander dari Belanda masuk ke gereja ditemani Putri Beatrix. Dok. Getty Images

Keluarga kerajaan dunia muncul untuk memperingati kematian Pangeran Philip. Ratu Maxima dan Raja Willem-Alexander dari Belanda tiba lebih dulu dalam pelayanan yang diadakan Selasa (29/3) lalu. Menyusul kedatangan Raja dan Ratu Belgia, Spanyol, Yunani, dan lainnya ke Westminster Abbey.

Lahir dari pasangan Pangeran Andrew dari Yunani-Denmark dan Putri Alice dari Battenberg, membuat Pangeran Philip memiliki ikatan kuat dengan jaringan monarki Eropa. Tambah kuat lagi ketika dia menikahi Putri Elizabeth, yang kini menjadi Ratu Inggris Raya. Nenek dari pihak ibu Pangeran Philip yang bernama Putri Victoria dari Hesse merupakan cucu Ratu Victoria.

Ratu Victoria sendiri dijuluki ‘nenek Eropa’ karena memiliki jaringan yang luas dari sembilan anak dan 42 cucu yang menikah dengan keluarga kerajaan Eropa lainnya. Selain Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima, lantas siapa saja yang hadir pada peringatan Pangeran Philip? Berikut ulasannya.

| Baca juga: Berani-Beraninya! Kate Middleton Kenakan Pakaian Bekas Saat Tinggalkan Jamaika

Belanda: Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima

Raja Willem (54) dan istrinya Ratu Máxima (50) mewakili Belanda datang dalam peringatan kematian mendian Pangeran Philip. Menurut silsilah, Ratu dan Raja Willem-Alexander adalah keturunan Putri Carolina yang merupakan cucu dari Raja George II. Dia naik takhta pada 2013 setelah ibunya, Putri Beatrix (84) turun takhta.

Spanyol: Raja Felipe VI dan Ratu Letizia

Sementara dari Spanyol, Raja Felipe (54) akan bergabung dengan istrinya Ratu Letizia (49) yang mantan wartawan. Hubungan antara Raja Spanyol yang naik takhta pada 2014 silam begitu spesial. Dia menyebut Pangeran Philip sebagai pamannya kesayangannya dan Ratu Elizabeth dengan bibi Lilibet kesayangan.

Hubungan dua negara antara Inggris dan Spanyol begitu erat karena berada dalam ikatan keluarga berabad-abad lamanya. Kakek buyut dari pihak ibu Felipe, Raja Konstantinus I dari Yunani adalah kakak laki-laki dari ayah Pangeran Philip, Pangeran Andrew dari Yunani-Denmark. Sementara ayah Felipe, Juan Carlos adalah cicit dari anak bungsu Ratu Victoria, Putri Beatrice, menjadikannya sepupu jauh Ratu.

Swedia: Raja Carl XVI Gustaf and Ratu Silvia

Sepupu ketiga Ratu, Raja Carl XVI Gustaf (75) dan istrinya Ratu Silvia (78) hadir di antara jemaat. Raja Swedia juga sempat memberikan pesan kerajaan di hari kemarian Pangeran Philip dan berkata, “Pangeran Philip telah menjadi teman baik keluarga kami selama bertahun-tahun, hubungan yang sangat kami hargai.

Belgia: Raja Philippe dan Ratu Mathilde

ratu-Mathilde-dan-raja-Philippe-belgia

Hari itu, Raja Philippe (61) dan Ratu Mathilde (49) datang di acara kebaktian. Raja dan Ratu Philippe merupakan keturunan Christian IX dari Denmark, dimana enam anaknya menikah dengan keluarga kerajaan lain di seluruh Eropa. Hal itu membuatnya digelari ‘ayah mertua Eropa’.

Denmark: Ratu Margrethe II

Karena Pangeran Philip juga berdarah Denmark, maka Ratu Margrethe II tidak akan absen dalam kebaktian yang dilangsungkan Selasa lalu. Ratu yang juga dikenal dengan sapaan ‘bibi Daisy’ itu terlihat datang sendirian, sebab pada tahun 2018, suaminya Henrik Prince Consort Denmark meninggal dunia.

Rumania: Pangeran Radu dan Margareta

margareta-dan-pangeran-radu-romania

| Baca juga: Jamaika Gulingkan Ratu Elizabeth!

Putri baptis Pangeran Philip, Margareta merupakan Penjaga Mahkota Rumania. Jabatan itu menjadikannya kepala monarki yang sudah tidak berfungsi. Ayahnya, Raja Michael adalah sepupu Pangeran Philip dari Rumania. Dia sempat menjalin asmara dengan Perdana Menteri Buruh, Gordon Brown selama lima tahun.

Hubungannya kandas ketika dia harus kembali ke Rumania. Tak lama, Margareta menikah dengan aktor Radu Duda, putra seorang profesor. Wanita ini merupakan Pelindung Kerajaan dari Penghargaan Internasional Duke of Edinburg Rumania. November 2021 lalu pun dia tampak menghabiskan waktu bersama Pangeran Edward dan Countess of Wessex di Bagshot Park.

Itulah beberapa anggota keluarga kerajaan Eropa yang datang dalam peringatan kematian Pangeran Philip satu tahun lalu. Menurut kabar dari Daily Mail, selain keluarga monarki Eropa, hadir juga Putra Mahkota Salman bin Hamad Al Khalifa dari Bahrain, Pangeran El Hassan bin Talal dan Putri Sarvath El Hassan dari Yordania, dan Putra Mahkota Alexander and Putri Mahkota Katherine dari Serbia. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here