Memukau! UK Petra Pentaskan Opera Gianni Schicchi

Opera Gianni Schicci
Salah satu adegan dalam Opera Gianni Schicci (Foto. Adi Wiratmo)

Pusat Pengembangan Musik Gereja (PPMG) Universitas Kristen Petra (UK Petra) bekerja sama dengan Amadeus Enterprise mempersembahkan pertunjukan opera bertajuk Gianni Schicchi. Acara itu digelar di Auditorium  gedung Q kampus UK Petra Surabaya pada Minggu (20/3) sore.

Ditemui sebelum pertunjukan, rektor UK Petra Prof. Dr. Djwantoro Hardjito mengatakan sangat mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut. Apalagi acara itu melibatkan kalangan muda.

”Sebenarnya kegiatan ini dalam rangka mengembangkan potensi diri generasi muda secara keseluruhan termasuk keterampilan musik dan seni peran,” kata Prof. Dr. Djwantoro Hardjito, selaku rektor UK Petra.

Kepala PPMG, Aris Sudibyo, mengatakan bahwa ini merupakan pertunjukan pertama yang digelar secara offline di UK Petra selama dua tahun pandemi ini. ”Kami berusaha membuat konsep kami sendiri, tetapi kita juga berkaloborasi dengan orang-orang dari luar,” ujarnya.

opera gianni schicci
Salah satu adegan dalam Opera Gianni Schicci (Foto. Adi Wiratmo)

Opera Gianni Schicchi sendiri merupakan pertunjukan pertunjukan yang lengkap, memadukan antara musik, vokal, tarian bahkan dialog yang semuanya berbahasa Italia. Sebagai Art Director, Heny Janawati senang akhirnya kegiatan tersebut bisa terlaksana.

”Kami sudah menyiapkan opera ini sejak 2019 lalu. Rencananya akan kami pentaskan pada 2021. Namun karena pandemi, baru bisa terlaksana hari ini,” katanya.

Opera Gianni Schicchi sendiri mencoba menampilkan konflik perebutan harta warisan keluarga yang dibakar nafsu serakah, kemalasan dan iri hati. Opera bergenre drama komedi dengan durasi 60 menit tersebut diperankan oleh 13 anak muda berbakat yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Surabaya, Jakarta, Bali, Bandung hingga Salatiga.

Selain Heny, opera Gianni Schicci juga melibatkan Patrisna May Widuri. Founder dan Creative & Art Director di Amadeus Enterprise itu sebagai conductor dalam pertunjukan tersebut.

”Rasanya lega opera ini bisa ditampilkan. Kami juga senang karena para pemainnya para anak muda. Begitu juga yang nonton juga banyak dari kalangan muda. Kami berharap opera jadi salah satu pertunjukan yang mereka sukai,” ujarnya. *amy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here