Bila ditanya tentang “apa yang biasanya dilakukan oleh anak berumur 4 tahun?” mungkin Anda akan berpikir tentang hal-hal simpel seperti “berusaha membaca buku sendiri,” atau “mencoba untuk melihat apa yang dilakukan ibu di dapur dan menirunya.” Tapi apa yang dilakukan oleh Daliyah Marie Arana ini bisa dikatakan cukup berbeda. Gadis 4 tahun ajaib ini sudah membaca lebih dari 1000 buku di usianya!

Ingin Mengajar Anak-anak Lain

Gadis 4 tahun ajaib
Photo credit: people.com

Anak dari Haleema Arana yang tinggal di Gainesville, Amerika Serikat ini memang dikenal sebagai anak yang suka membaca setiap hari. Daliyah pun diangkat menjadi librarian of the day di perpustakaan tempatnya tinggal. Yang membuat saya lebih kagum lagi akan Daliyah adalah karena ia memiliki impian untuk mengajari anak-anak lainnya cara membaca.

Baca juga: Anggota Parlemen Italia ini Selalu Mengajak Anaknya Sidang Pleno

Di usianya yang masih tergolong balita, mimpi mulia Daliyah tersebut saya yakin akan segera terwujud. Bagaimana tidak? Daliyah tidak hanya mampu membaca buku-buku untuk anak usianya, namun juga dapat melahap buku level anak kuliah dengan mudah! Tentunya hal ini akan memudahkannya untuk mengajar anak-anak seusianya.

Baca juga: 5 Perempuan Hebat yang Berhasil Torehkan Namanya di Wikipedia 2016

Dimintai Saran Oleh Perpustakaan Terbesar di Dunia

Gadis 4 tahun ajaib
Photo credit: nymag.com

Baru-baru ini Daliyah mendatangi Library of Congress yang menjadi perpustakaan paling besar di dunia. Di tempat ini, Daliyah ditemani oleh Carla Hayden yang menjadi wanita Afrika-Amerika pertama yang menjadi pustakawan dari Library of Congress.

Baca juga: Ternyata Inilah Cara Bella Devyatkina Kuasai 7 Bahasa di Usia 4 Tahun

Sebagai anak yang memiliki minat baca yang sangat tinggi, Daliyah dimintai berbagai saran dari para staff di perpustakaan ini. Hal ini dilakukan agar Library of Congress pun bisa menjadi lebih baik ke depannya. Di usia yang masih belia, bisa jadi Daliyah mengusulkan ide-ide kreatif yang mampu membuat perpustakaan tersebut semakin ramai dikunjungi oleh orang.

Bercita-cita Menjadi Penguak Fosil Dinosaurus

Gadis 4 tahun ajaib
Photo credit: telegraph.co.uk

Daliyah sendiri mengaku bahwa ia ingin menjadi seorang paleontologis agar ia bisa mencari fosil-fosil dinosaurus. Cita-cita yang cukup baik bukan? Semoga ke depannya Daliyah terus mampu memberikan inspirasi bagi orang-orang di sekitarnya dan juga mampu menggapai cita-citanya tanpa terhalang hal yang dinamakan “stigma terhadap perempuan”. Untuk sekarang,  Daliyah bercita-cita untuk meghabiskan 1500 buku lagi sebelum ia masuk taman kanak-kanak di musim gugur tahun ini.

Baca juga: Anggota Parlemen yang Selalu Bawa Anak Perempuannya Saat Sidang

Hal yang dilakukan Daliyah memang bisa dikatakan cukup outstanding, tapi hal yang bisa kita petik dari Daliyah bukanlah tentang ia membaca 1000 buku tetapi tentang dirinya yang mau untuk terus belajar. Jangan sampai stigma tertentu tentang anak-anak membuat Anda menjadi tidak melihat apa sebenarnya yang bisa mereka lakukan.

Featured image source: Gainesvilletimes.com