Tahun 2016 ini sepertinya gerakan perempuan sedang menjadi sorotan yang luar biasa. Buktinya, Wikipedia baru saja menambahkan ratusan nama perempuan hebat ke dalam halaman mereka. Siapa saja mereka? Ini dia lima di antaranya.

1. Suhani Jalota

Meghan Markle, kekasih dari Prince Harry adalah orang yang menominasikan Suhani untuk mendapatkan halamannya di Wikipedia. Founder dari Myna Mahila Foundation ini sangat berjasa untuk memproduksi produk untuk kesehatan perempuan (seperti pembalut higienis dan sangat terjangkau) dan ia juga melatih banyak perempuan untuk menjadi seorang enterpreneur di negaranya.

Perlu kamu ketahui bahwa masih banyak daerah kumuh di India yang membutuhkan produk kesehatan perempuan. Suhani bersama beberapa perempuan lainnya membentuk Myna Mahila Foundation untuk membantu para perempuan di India mendapatkan pekerjaan dan kesehatan yang layak untuk diri mereka sendiri.

2. Laura Coryton

Aktivis untuk hak-hak perempuan ini adalah tokoh yang berjasa untuk hilangnya pajak produk menstruasi perempuan di Amerika. Mungkin bagimu hal tersebut adalah hal kecil, namun bayangkan berapa banyak perempuan tidak mampu yang terbantu oleh hilangnya pajak tersebut? Bagi beberapa kalangan, produk menstruasi seperti pembalut yang higienis bisa dikatakan cukup mahal lho, ladies. 

Laura pun menjadi orang dibalik kampanye Period Watch, sebuah gerakan yang ditujukan untuk mengawasi pemerintahan dalam memegang janji-janji mereka terhadap perempuan dan menstruasi. Terkesan konyol? Tidak ladies, pasti ada di antara kamu yang pernah dipandang sebelah mata (baca: lebay) ketika kamu mengalami rasa sakit yang mendalam saat menstruasi, atau ada juga orang-orang yang tidak bisa mengerti bahwa menstruasi adalah hal yang alamiah dan bukan sesuatu yang menjijikkan. Laura adalah orang yang berani untuk melindungimu dari hal-hal tersebut. 🙂

3. Helen Pankhurst

Film berjudul Suffragette tidak dibuat dengan tanpa alasan, film tersebut adalah film yang terinspirasi dari kisah nyata Emmeline Pankhurst, seorang aktivis dan politisi perempuan dari Inggris yang mempopulerkan suffragette (anggota dari gerakan yang ditujukan untuk kesetaraan perempuan, utamanya dalam hak untuk memilih, sering diasosiasikan dengan British Women’s Social and Political Union).

Rupanya, Helen ini memiliki darah yang sama dengan Emmeline Pankhurst karena ia adalah cicit dari perempuan hebat tersebut. Helen tidak hanya menjadi aktivis dari hal-hal umum seperti Wateraid, namun juga untuk kesetaraan perempuan. Pada tahun 2012, Helen membuat sebuah grup bernama Olympic Suffragettes yang ditujukan untuk memberantas kekerasan pada perempuan.

4. Helen Nibouar

Pernah dengan istilah kriptografer? Mungkin kamu yang menonton film The Imitation Game yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch (Dr. Strange, Sherlock Holmes, dll.) tidak merasa asing dengan istilah tersebut. Ya, kriptografer adalah sebutan untuk orang-orang yang memiliki keahlian untuk memecahkan kode-kode dengan kesulitan tinggi, termasuk kode untuk kebutuhan perang.

Nah, Nibouar tidak bekerja untuk memecahkan kode biasa, karena kode-kode yang ia pecahkan adalah kode di Perang Dunia II. Tepat sekali, Nibouar adalah perempuan yang bekerja di dunia perang dengan menjadi seorang kriptografer. Ia pun adalah salah satu dari empat kriptografer Perang Dunia II yang masih hidup hingga saat ini.

5. Kathryn McDowell

Perempuan satu ini direkomendasikan oleh chief international correspondent dari CNN, Christiane Amanpour.

Pekerjaan dari Kathryn tidak bisa saya katakan umum karena ia adalah perempuan yang menjadi managing director dari London Symphony Orchestra. Kathryn sangat berjasa untuk perkembangan musik LSO, akronim untuk London Symphony Orchestra, dan ia pun membuat LSO menjadi salah satu orkestra paling sukses di dunia sejak dipegang olehnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here