10 Fakta Black Panther yang Perlu Kalian Tahu

0
157
Foto: Marvel Studios

Film Black Panther terus menjadi buah bibir banyak orang. Antusiasmenya sudah terasa sejak perilisan trailer pertamanya tahun lalu. Nah, biar tambah gereget, yuk baca 10 fakta Black Panther yang menarik untuk disimak.

1. Black Panther adalah sebuah gelar

Foto: Marvel Studios

Black Panther memang berkaitan erat dengan T’Challa. Tetapi sebenarnya, itu adalah sebuah gelar yang diberikan untuk pemimpin Klan Panther, suku yang memimpin Wakanda. Oleh karena itu, julukan tersebut bisa saja beralih kepada orang lain ketika sang Raja lengser.

Baca juga : Tak Hanya di Wakanda, Black Panther Juga Rajai Box Office Dunia

2. Tak ada hubungannya dengan Partai Black Panther

Foto: Wikipedia

Banyak yang berpendapat bahwa kemunculan karakter tersebut terinspirasi dari Partai Black Panther, organisasi beraliran sosialis revolusioner Amerika Serikat yang didirikan pada Oktober 1966.

Faktanya, Black Panther sendiri memulai debutnya 3 bulan sebelum partai tersebut didirikan. Bahkan untuk menghindari kontroversi, pencipta karakter ini sempat menggantinya dengan nama Black Leopard pada tahun 1972.

3. Wesley Snipes hampir mengisi peran Black Panther

Foto: New Line Cinema

Meski produksi film baru diumumkan secara resmi pada tahun 2014, ternyata diskusi pengadaptasian karakter tersebut ke layar lebar sudah dilakukan sejak tahun 1992.

Wesley Snipes adalah salah satu aktor yang rencananya akan memainkan peran tersebut. Terlebih dengan reputasinya yang sedang naik daun saat itu.

Namun, tak ada kabar kelanjutan proyek itu. Bahkan, Snipes juga telah memainkan karakter lain Marvel pada tahun 2003, yaitu Blade.

Baca juga : Lucu! Mau Nonton Black Panther, Bioskop Putarkan Fifty Shades Freed

4. Pahlawan super yang sempurna

Foto: Marvel Studios

Ketika T’Challa mendapat gelar sebagai Black Panther, dia diijinkan untuk mengkonsumsi Heart Shaped Herb, tanaman yang telah termutasi dengan vibranium. Hal ini memberikannya kemampuan fisik yang sempurna, baik dalam kecepatan, kekuatan, stamina, sensori, dan ketangkasan.

Di sisi lain, T’Challa adalah seorang ilmuwan jenius. Dia masuk dalam jajaran delapan orang terpandai di dunia. Riwayat pendidikannya pun tidak main main, yaitu lulusan Doktor jurusan Fisika, Universitas Oxford.

Tak hanya itu, dia juga memiliki kekayaan dan sumber daya yang berlimpah. Yang benar-benar membuatnya masuk dalam kategori “sempurna.”

5. Pahlawan berkulit hitam pertama

Foto: Marvel Studios

Black Panther pertama kali muncul dalam komik ke-52 Fantastic Four, yang diterbitkan pada Juli 1966. Belum ada satupun pahlawan super berkulit hitam pada saat itu. Bahkan, John Stewart karakter dalam Green Lantern (DC Comics) yang juga berkulit hitam, baru muncul 5 tahun setelahnya.

Kemunculan Black Panther dalam film Captain America : The Civil War tahun 2016 lalu, menandai 50 tahun sejak debut pertamanya.

Baca juga : 17 Fakta Guardians of the Galaxy yang Tidak Anda Ketahui

6. Black Panther menikahi Storm (X-Men)

Foto: Marvel Studios

Pada 2006 lalu, Marvel mengumumkan bahwa T’Challa (Black Panther) dan Ororo Monroe (Storm) menikah. Di komiknya, mereka menggelar pernikahan dalam tradisi Wakanda. Bahkan, pernikahan mereka dihadiri karakter-karakter besar seperti Iron Man, dan Captain America.

Namun, pernikahan mereka tidak bertahan lama. Dan hingga saat ini tak ada kejelasan apakah kisah mereka akan diadaptasi ke dalam film.

7. Memiliki bodyguard perempuan

Foto: Marvel Studios

T’Challa memiliki para bodyguard perempuan. Mereka adalah anggota dari Dora Miljae, pasukan elit yang beranggotakan para perempuan hebat dengan keahlian bela diri.

8. Michael B. Jordan Sempat Mengikuti Audisi untuk Peran The Falcon

Foto: Marvel Studios

Michael B. Jordan (pemeran Erik Killmonger) sempat mengikuti audisi untuk peran Sam Wilson (The Falcon). Namun, karakter yang pertama kali diperkenalkan dalam film Captain America : The Winter Soldier (2014) itu, malah jatuh ke tangan Anthony Mackie.

9. Diciptakan oleh dua orang hebat

Foto: Net

Karakter pahlawan super berbaju hitam ini diciptakan oleh dua orang hebat dari Marvel, yaitu Stan Lee dan Jack Kirby. Mereka berdua bukanlah orang asing lagi bagi penggemar komik Marvel.

Tak hanya Black Panther, mereka berdua juga berhasil menciptakan cerita Fantastic Four, X-Men, Captain America, Thor, Iron Man, dan Hulk.

10. Luka pada Tubuh Erik Killmonger Terinspirasi dari Tradisi Suku-suku Afrika

Foto: Marvel Studios

Luka pada tubuh Erik Killmonger terinspirasi dari tradisi Scarification, yaitu tradisi yang hampir punah yang dijalankan oleh suku-suku di Afrika. Beberapa suku melakukannya sebagai penanda identitas sosial, dan sebagian lainnya digunakan untuk menandai pencapaian hidup orang yang bersangkutan. Namun, setiap luka pada tubuh Killmonger menjadi tanda akan orang-orang yang berhasil dibunuhnya.

Nah, itu dia kesepuluh fakta dari Marvel’s Black Panther. Kalian sudah nonton filmnya belum? Kalau sudah, ceritakan pengalaman kalian di kolom komentar ya.