Usia 104 Tahun, Wanita Ini Masih Kuat Tangkap Lobster!

Virginia Oliver dikenal sebagai wanita tertua penangkap lobster. (Foto: Dok. CBS)
Virginia Oliver dikenal sebagai wanita tertua penangkap lobster. (Foto: Dok. CBS)

Virginia Oliver, wanita penangkap lobster legendaris dari Maine, Amerika Serikat, baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-104 pada 6 Juni lalu. Di usia tua, dia masih menunjukkan semangat yang luar biasa.

Oliver dikenal sebagai “Wanita Lobster” dan disebut-sebut menjadi penangkap lobster tertua yang masih hidup di Maine. 

Di hari spesialnya, keluarga Oliver merayakan ulang tahunnya dengan menyajikan makanan favoritnya, kue cokelat dan es krim. Ketika ditanya apakah ia berencana untuk menangkap lobster musim panas ini, ia menjawab, “Oh, tentu saja saya akan pergi.”

Sebagai bukti semangatnya yang selau menyala, ia menambahkan, “Saya masih bosnya.”

| Baca Juga: Rupert Murdoch, Taipan Media yang Menikah Kelima Kalinya Di Usia 93…

Tahun ini menandai tahun ke-96 Oliver menangkap lobster. Pasalnya ia telah menangkap lobster sejak berusia 8 tahun. Di masa kecilnya, ia bekerja bersama ayah dan saudaranya.

“Seumur hidup saya, saya melakukan hal seperti ini,” katanya dalam sebuah wawancara tahun 2023 dengan The Washington Post.

“Saya tidak pernah mabuk laut.”

Rutinitas Oliver di pagi hari biasanya berkutat dengan peralatan nelayannya. Di mana nenek berusia 106 tahun ini menaiki perahu dan menangkap lobster selama beberapa jam.

Suami Oliver yang sudah meninggal juga seorang nelayan. Saat ini, ia bekerja bersama putranya Max yang berusia 80 tahun.

| Baca Juga: Dulu Bayi Prematur 499 Gram, Kini Jadi Perawat di Rumah Sakit Sama

Selama menangkap lobster, Oliver bertugas mengemudikan perahu dan memasang karet pada lobster-lobster yang mereka tangkap. Kemudian keduanya bekerja sama untuk menjual hasil tangkapan mereka ke Spruce Head Fisherman’s Co-Op.

Keberlangsungan Oliver dalam bisnis lobster telah menjadikannya selebriti lokal. Ia bahkan menjadi subjek buku cerita anak-anak.

Salah satunya Barbara Walsh, penulis buku The Lobster Lady, mengenang Oliver yang mengatakan bahwa ia merasa dirinya selalu muda.

Pada tahun 2021 ia ditanya oleh WCSH mengenai kapan akan pensiun dari kegiatan menangkap lobster. Oliver dengan singkat menjawab, “Ketika saya mati.”

Ia menambahkan, “Kamu harus terus bergerak.” (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here