Punya Milia di Wajah? Ini Cara Mudah Untuk Menghilangkannya

Cara hilangkan milia. Foto: Dok. Freepik
Cara hilangkan milia. Foto: Dok. Freepik

Milia adalah benjolan putih kecil yang bisa muncul di bagian tubuh manapun terlebih lagi pada bagian hidung, mata, pipi, dan dagu.

Bedari dari jerawat yang terkadang menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman, milia tidak memberikan dampak apapun pada penderitanya.

Biasanya, milia terbentuk karena adanya penumpukan keratin dan sel kulit mati yang terperangkap di bawah kulit. Tumpukan tersebut akan mengiris seiring berjalannya waktu dan akan berubah menjadi benjolan kecil atau kista keras di lapisan luar kulit.

Meski tak mengganggu dan bisa hilang dengan sendirinya, namun beberapa orang biasanya merasa risih dengan adanya benjolan kecil ini. Oleh karena itu, beberapa cara sederhana ini bisa membantu kalian untuk menghilangkannya.

| Baca Juga : Kebiasaan Remeh yang Bisa Bikin Bibir Jadi Hitam

Jangan memencet atau menghilangkan secara paksa

Dalam kasus jerawat pada kulit, kita biasanya memencetnya sampai cairan putih yang ada keluar agar cepat menghilang. Namun, hal ini tidak berlaku pada milia. Karena teksturnya yang keras, memencet benjolan malah bisa membuat kulit iritasi, luka, dan meninggalkan bekas.

Rajin membersihkan area kulit yang terdapat milia

Karena muncul akibat penumpukan sel kulit mati, membersihkan area kulit yang terdapat milia jadi sangat penting. Pastikan kalian menggunakan pembersih yang tidak mengandung paraben.

| Baca Juga : Bisa Turunkan Berat Badan, Berikut Manfaat Air Hangat untuk Tubuh

Melakukan penguapan pada kulit

Suhu panas biasanya dapat membantu untuk membuka pori-pori. Oleh karena itu, penguapan juga bisa jadi salah satu cara menghilangkan masalah kulit ini. Untuk melakukannya, kalian hanya perlu memberikan uap panas ke kulit yang terdapat milia selama 5-8 menit.

Eksfoliasi kulit

Eksfoliasi berfungsi untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, benjolan kecil di kulit terbentuk dari adanya penumpukan keratin dan sel kulit mati. Sehingga penting bagi anda yang memiliki milia untuk rajin melakukan eksfoliasi.

| Baca Juga : Begini Jadinya Bila BAB Tidak Teratur, Kenali Dampaknya

Gunakan krim retinoid

Krim retinoid adalah produk krim mengandung banyak vitamin A yang dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit. Untuk menghilangkan milia, kalian hanya perlu menggunakan krim retinoid secara rutin. Kalian juga bisa menggunakan retinol yang merupakan salah satu jenis dari retinoid tetapi dengan kandungan yang lebih ringan.

Jangan lupakan sunscreen

Sunscreen juga bisa menjaga kulit dari munculnya milia. Sinar matahari yang langsung terkena kulit bisa menyebabkan iritasi yang menyebabkan benjolan kecil ini muncul. Pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF yang dibutuhkan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here