Begini Jadinya Bila BAB Tidak Teratur, Kenali Dampaknya

Ilustrasi BAB tidak teratur. (Foto : Dok. Alodokter)
Ilustrasi BAB tidak teratur. (Foto : Dok. Alodokter)

Buang air besar (BAB) sejatinya sebuah kegiatan yang berkaitan dengan reaksi biologis seseorang. Nah, BAB tidak teratur memang terlihat sepele, namun tidak dapat dipandang sebelah mata.

BAB tidak teratur memiliki potensi untuk berdampak pada kesehatan. Beberapa akibat yang memungkikan terjadi adalah masalah pencernaan.

BAB yang tidak teratur berpotensi menyebabkan masalah, seperti sembelit hingga diare. Sembelit sendiri dapat terjadi ketika feses bergerak terlalu lambat melalui saluran pencernaan, sedangkan diare terjadi ketika feses bergerak terlalu cepat.

| Baca Juga : Waduh! 200 Orang di Inggris Terinfeksi E.coli Karena Ini

Kedua, kerusakan pada saluran pencernaan. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah pada saluran pencernaan. Masalah yang mungkin saja akan Anda alami seperti divertikulosis (pembentukan kantung-kantung pada dinding usus), wasir, atau sindrom iritasi usus besar.

Dampak ketiga dari BAB tak teratur adalah menurunnya sistem kekebalan tubuh. Lainnya juga dapat mengganggu pola tidur. Tiba-tiba terbangun di tengah malam hanya untuk BAB, tentu akan terasa tidak nyaman.

Jika Anda mengalami masalah dengan pola buang air besar, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

| Baca Juga : Pencernaan Sehat, Tumbuh Kembang Anak Optimal

Perubahan gaya hidup, seperti meningkatkan asupan serat, minum air yang cukup, dan berolahraga secara teratur, seringkali dapat membantu memperbaiki masalah BAB. (*) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here