Kebiasaan Remeh yang Bisa Bikin Bibir Jadi Hitam

Kebiasaan yang bisa buat bibir jadi hitam. Foto: Dok. Freepik
Kebiasaan yang bisa buat bibir jadi hitam. Foto: Dok. Freepik

Tanpa kita sadari, beberapa kebiasaan-kebiasaan remeh yang dilakukan sehari-hari ternyata bisa membuat warna bibir jadi lebih hitam.

Kalian tentunya tidak ingin jika bibir kalian tiba-tiba menghitam bukan? Meski terkadang beberapa orang memang terlahir dengan warna bibir yang lebih gelap karena pengaruh genetik, tetapi perlu kiranya kita untuk merawat bibir gelap agar tidak semakin parah.

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang sering dilakukan atau kebiasaan yang sering kita lupakan untuk menjaga warna bibir tetap cerah.

Merokok

Rokok menjadi salah satu penyebab warna bibir jadi lebih hitam. Hal ini dikarenakan adanya kandungan nikotin pada rokok. Saat kalian merokok, nikotin akan berpindah ke bibir dan menyebabkan pembuluh darah menyusut serta menyempit yang akhirnya membuat aliran darah berkurang dan kulit jadi kekurangan oksigen.

| Baca Juga : Tips Memilih Tas Anti Pegal di Punggung dan Pundak

Menjilat Bibir

Bagi sebagian orang, menjilat bibir terkadang sudah menjadi kebiasaan. Namun tahukah kalian jika kebiasaan ini ternyata bisa membuat bibir jadi lebih hitam?

Menjilat bibir mungkin memang bisa melembapkan bibir, tetapi ini juga bisa menyebabkan hiperpegmentasi karena kulit yang jadi lebih kering setelahnya. Bahkan kebiasaan ini juga bisa membuat bibir jadi pecah-pecah. Jika kalian memiliki kebiasaan ini, cobalah untuk perlahan-lahan menguranginya.

Tidak menggunakan sunscreen

Tak hanya wajah, bibir nyatanya juga memerlukan perlindungan dari bahaya sinar matahari. Bibir yang tidak diberi perlindungan dapat berubah menjadi lebih hitam dan iritasi. Oleh karena itu, pastikan kalian menggunakan produk bibir seperti lip balm yang memiliki kandungan SPF.

| Baca Juga : Begini Jadinya Bila BAB Tidak Teratur, Kenali Dampaknya

Tidak pernah eksfoliasi bibir

Terkadang, banyak orang yang meremehkan perawatan untuk bibir termasuk soal eksfoliasi. Padahal meski memiliki kulit yang tipis, bibir juga perlu dibersihkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar tidak menumpuk dan membuatnya jadi lebih gelap.

Tidak menjaga kelembapan bibir

Sama dengan kebiasaan menjilat bibir, membiarkan bibir kalian kering bahkan hingga pecah-pecah juga bisa membuat pigmen kulit bibir menghitam. Jadi pastikan untuk menjaga bibir agar tetap lembap dengan menggunakan produk yang bisa menghidrasi kulit bibir.

Itulah tadi beberapa kebiasaan yang bisa membuat kalian jadi lebih hitam. Pastikan kalian tidak lagi melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas untuk menjaga bibir tetap cerah. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here