Kakek Sebatang Kara Punya ‘Harta Karun’ Ratusan Juta. Terbongkar saat Sakit!

Foto: Dok. Syukri/Nyata

Baru-baru ini viral sebuah video yang menunjukkan seorang kakek menyimpan ‘harta karun’ berupa uang dengan nominal fantastis. Dalam potongan video yang beredar terlihat sekelompok ibu-ibu dan anak-anak sedang menghitung uang kertas dalam ratusan ikatan.

Setelah ditelusuri uang tersebut ternyata milik seorang kakek bernama Sarneli. Pria asal Serang Banten itu memiliki ‘harta karun’ mencapai Rp120 juta. Sayangnya, sebagian uang tersebut tak bisa dibelanjakan sebab banyak pecahan rupiah dengan emisi lama.

Sarneli bersusah payah menabung dari hasil pendapatannya sebagai penggembala bebek. Bahkan selama 10 tahun ini pihak keluarga tidak menyangka kakek berusia 75 tahun itu mengumpulkan uang sebanyak itu.

“Tabungan Mang Neli (Sarneli, red) memang besar, tapi nggak sebesar itu. Uang yang berhasil diselamatkan sekitar Rp104 juta, sementara uang kertas yang rusak sekitar 10 sampai 15 juta,” kata keponakan Sarneli, Mutiah kepada Nyata, pekan lalu.

|Baca Juga: Kisah Inspiratif Aipda Purnomo yang Ikhlas Rawat 500 ODGJ

Warga dan Pegawai bank BI menghitung uang milik Sarneli. Foto: Dok. Syukri/Nyata

‘Harta karun’ itu baru terkuak ketika Mutiah ngomel kepada Sarneli. Karena selama tinggal di rumah sang ponakan, kakek itu tak cukup hanya makan tiga kali sehari. Dengan lauk nasi, sayur, dan lauk pauk pun selalu ingin lebih dari itu.

Hingga suatu hari, ketika Sarneli minta dibuatkan agar-agar. Mutiah menolak karena tidak punya uang. Wanita yang tinggal di Kampung Karundang, Kecamatan Cipocok Jaya, Serang, Banten itu lantas jengkel dengan nada bercanda mengatakan, “Punya duit dulu biar bisa makan enak,” kata Mutiah.

Di lain waktu, ketika Sarneli sedang sakit dan tidak mau makan masakan keponakannya itu, “Waktu itu saya tanya, apakah Mang punya uang. Tapi Mang Neli diam saja. Saya nggak tahu harus berbuat apa sampai akhirnya Mang Neli buka rahasia dan bilang kalau dia punya uang dan disimpan di kolong tempat tidur,” lanjutnya.

Mutiah menunjukkan uang yang rusak. Foto: Dok. Syukri/Nyata

|Baca Juga: Tersangka Pembunuh Siswi SMP di Mojokerto Divonis 7,5 Tahun. Orang Tua Korban Tuntut Keadilan!

Sarneli kemudian memberi petunjuk bahwa uang yang ditabungnya itu disimpan di sebuah ember, empat kaleng roti, dan sebuah karung dan beberapa karung plastik digantung di dinding kamar.

Setelah dibuka, Mutiah benar-benar terkejut melihat gundukan uang yang disimpan oleh pamannya itu. *pad

Lantas bagaimana kelanjutan ceritanya? simak wawancara lengkapnya hanya di Nyata edisi 2714.

Surabaya:
ShopeeTokopedia: Nyata Store Official

Untuk berlangganan: 082131583223
Happy Reading!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here