3 Kesalahan dalam Merawat Kulit. Hati-Hati Malah Bikin Keriput!

3 Kesalahan Dalam Perawatan Kulit, Jadi Semakin Cepat Keriput
Foto: Dok. Pinterest

Merawat kulit menjadi sebuah keharusan yang dilakukan oleh semua orang, tak pandang gender. Bila kamu ingin memiliki kulit yang sehat dan kencang, maka menentukan perawatan yang tepat adalah kunci. Tidak perlu memerlukan banyak produk, cukup pilih saja yang termasuk pokok dan dilakukan secara rutin. Kebutuhan produk pada setiap orang tentu berbeda, harus dilihat dari usia dan kebutuhan kulit. Jangan sampai salah, sebab perawatan yang tak sesuai bisa menyebabkan kulitmu jadi cepat keriput, lho!

Dilansir dari pernyataan dokter kulit, dr. Shereena Idris, yang membagikan rahasianya terkait tata yang benar untuk merawat kulit. Melalui akun TikToknya, ia berpesan kepada kamu yang berusia 20 tahun bisa mengetahui tiga hal utama merawat kulit.

Foto: Dok. Pinterest

Tidak menggunakan sunscreen atau tabir surya

Kerusakan akibat terpapar atau terbakar sinar matahari adalah nyata, benar adanya kamu masih belum menyadarinya sekarang. Namun, efek yang dihasilkan akan muncul di kemudian hari. Serangan sinar matahari sangat membahayakan bagi kulit , efek yang ditimbulkan seperti bintik-bintik, kerutan, garis halus sampai dengan kanker kulit.

Solusi yang tepat gunakan sunscreen atau tabir surya yang mengandung SPF tinggi sebagai perlindunganmu dari sinar matahari. Jenis SPF pada umumnya dimulai dari yang paling rendah, yaitu 15, 30, 50, 75, dan paling tinggi mencapai 100.

So, perlu banget mengetahui bahwa setiap tingkatan spf terdapat waktu ketahanan. Spf 15 memberikan pertahanan selama 150 menit, spf 30 memberikan pertahanan selama 300 menit, dan spf 50 memberikan pertahanan selama 500 menit.

| Baca Juga:  Waspadai 7 Tanda Penuaan Dini. Cek Kulitmu Sekarang!

Tidak mencuci wajah di malam hari

Kesalahan kedua, yakni kebiasaan tidak mencuci wajah setelah beraktivitas seharian. Bekas makeup dan kotoran dari polusi udara dari luar ruangan menjadi pemicu paling utama akan kerusakan pada kulit wajah. dr. Shereena menganjurkan untuk melakukan double cleansing sebelum kalian tidur. Gunakan pembersih untuk mengahpus makeup terlebih dulu, lalu cuci muka menggunakan sabun pembersih dan basuh dengan air bersih. Membiarkan makeup stay dan kotoran di wajah semalaman secara terus menerus akan menyebabkan wajah menjadi kering dan kusam seiring berjalannya waktu. Jika kamu tidak menginginkan kulit wajah seperti kismis, jangan lupa untuk membersihkan wajah sebelum tidur ya!

| Baca Juga: Tren Perawatan Kecantikan Mulai Bergeser. Ini yang Terjadi Kini!

Menggunakan produk perawatan secara berlebihan

Ternyata secara berlebihan menggunakan produk dalam perawatan sama saja buruknya dengan mengabaikan kulit. Faktanya kulit juga butuh istirahat dan tidak over menerima bahan-bahan aktif, lho! ini juga termasuk kesalahan dalam perawatan kulit. Keseringan melakukan eksfoliasi dan menggunakan banyak produk yang mengandung bahan aktif dapat memicu respons peradangan pada usia muda dan mengalami kerusakan pada kolagen. Jadi, melakukan perawatan kulit secara berlebihan saat kulitmu tidak membutuhkannya kemungkinan besar akan membuatmu bertambah tua. *mil/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here