Jadi ekstrovert memang gampang-gampang susah. Kamu sangat mudah bergaul dengan orang lain dan mendapatkan banyak energi selama dikelilingi oleh orang yang bisa kamu ajak bicara, tetapi kamu juga kurang bisa dilepas sendirian dan malah cenderung kurang mandiri karena selalu ingin bersama orang lain.

Tetapi tidak mungkin kamu terus-terusan bersikap seperti itu bukan? 3 tips untuk ekstrovert di bawah ini akan latih kamu untuk mandiri meski tidak ada orang yang mendampingi. Caranya seperti apa ya?

1

Nonton film di bioskop sendiri

Meski terdengar garing, tetapi nonton film di bioskop tanpa teman bisa menjadi pengalaman yang cukup menarik. Saat nonton film sendiri, kamu akan lebih bisa menghayati apa yang terjadi di dalam film tanpa harus sedikit-sedikit menyenggol teman untuk membicarakan kekerenan atau boring-nya film tersebut.

Selain itu, seseorang akan cenderung lebih banyak menghabiskan uang ketika ia berjalan ke mall sendirian, karena itu opsi nonton film bisa jadi pilihan bila kamu ingin refreshing sendiri tapi tidak ingin menghabiskan banyak uang.

Saya sendiri sudah sering mencoba nonton film sendiri, dan jujur saja, hal ini bikin nagih!

2

Makan di luar sendirian

Bagi anak kos hal ini pasti sudah biasa dilakukan, tapi bagi kamu yang masih tinggal bersama keluarga, cobalah untuk makan di luar sendirian agar kamu secara tidak langsung bisa menikmati masa-masa sendiri di tengah keramaian.

Memang awalnya kamu yang terbiasa dengan kehadiran orang saat makan akan merasa hidangan yang siap disantap tidak selezat aslinya, tetapi lama-kelamaan kamu akan merasakan rasa tenang di tengah kerumunan orang meski kamu tidak tergabung di dalamnya.

3

Berwisata sendirian

Ugh, boring!! Tetapi kalau boleh jujur, berwisata sendirian bisa membuatmu menjadi pribadi yang jauh lebih mandiri. Selain kamu harus mengurus semua keperluanmu sendiri, di tempat wisata pun kamu harus pintar-pintar membawa diri agar orang lain mau membantumu ketika kamu berada dalam kebingungan (cari tahu arah, misalnya).

Tapi untuk ekstrovert sepertimu, jangan pergi ke tempat yang sepi. Usahakan, kamu terus berada di dalam keramaian agar kamu malah tidak merasa stres. Yang kamu butuhkan hanyalah kebiasaan untuk melakukan sesuatu secara mandiri, bukan pergi bermeditasi ke gunung tanpa penghuni.

3 Kelebihan Ekstrovert yang Membuat Mereka Juga SpesialSiapa diantara kamu yang merasa ekstrovert? Sudah tahu belum bahwa tiga kelebihan … [Read More]

Memang susah untuk menjadi “sendiri” ketika kamu adalah seorang ekstrovert, tetapi ada kalanya kamu harus bisa hidup sendiri, apalagi ketika kamu sudah menginjak usia 20-an. Awalnya memang susah, tetapi kalau kamu terbiasa, kamu akan bisa jadi ekstrovert yang mandiri lho! Siapa bilang kalau ekstrovert nggak bisa jalan sendiri? Selama ada kerumunan, kamu pasti bisa.