Hitung Tapera, Soleh Solihun: 100 Tahun Cuma Dapet 360 Juta

Soleh Solihun ikut hitung-hitungan Tapera. Foto: Dok. Instagram @solehsolihun
Soleh Solihun ikut hitung-hitungan Tapera. Foto: Dok. Instagram @solehsolihun

Komedian Soleh Solihun ikut angkat bicara soal kebijakan baru pemerintah Indonesia terkait Tapera atau Tabungan Perumahan Rakyat.

Sejak diumumkan terkait pemotongan gaji karyawan swasta dan pekerja mandiri, Tapera telah menuai perdebatan keras di media sosial. 

Tak ingin ketinggalan menanggapi persoalan ini, Soleh Solihun, melalui akun X resminya kemudian juga mencoba untuk menghitung besaran Tapera yang akan diperoleh oleh rakyat.

| Baca Juga : Rifky Balweel Sebut Andrew Andika Mengakui Kesalahannya

Diketahui bahwa pemerintah akan menerapkan Tapera dengan besaran 3 persen yang dipotong dari gaji, upah, atau penghasilan. Sekitar 2,5 persennya ditanggungkan kepada karyawan, dan 0,5 persen akan dibebankan kepada pemberi kerja. Sedangkan jika pengusaha mandiri, besaran potongan 3 persen akan ditanggungkan langsung ke yang bersangkutan.

Dengan asumsi gaji satu bulan 10 juta, Soleh Solihun mulai membeberkan hasil perhitungannya. Kalo gaji 10 juta per bulan, dipotong tapera 3% = 300 ribu/bulan, 1 tahun = 3,6 juta,” tulisnya.

Besaran tersebut kemudian dikalikan 100 tahun yang berarti rakyat akan mendapatkan tabungan 360 juta setelah menabung selama satu abad.

| Baca Juga : Rumah dan Mobil Terjual, Bedu Kini Tawarkan Apartemen ke Dewi Perssik

100 tahun menabung akhirnya bisa deh dapet rumah yang harganya 360 juta. Ngitungnya gitu gak sih?” tulis Soleh Solihun dalam cuitannya.

Netizen yang melihat hasil hitung-hitungan dari anggota The Prediksi dengan julukan El Pipimemar ini kemudian dibuat terhibur.

Salah seorang netizen juga ada yang menanggapi cuitan Soleh Solihun, menyebut jika pegawai memang bisa hidup sampai usia 200 tahun.

Cuitan Soleh Solihun ini pun kemudian menerima perhatian banyak pengguna media sosial. Pasalnya dinilai tak masuk akal jika rakyat Indonesia harus menunggu 100 tahun lamanya untuk bisa memiliki tabungan rumah senilai 360 juta. Sedangkan nilai tersebut juga belum ditambahkan dengan kemungkinan inflasi yang akan membuat harga rumah semakin mahal kedepannya. (*) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here