Makanan Penyebab Kelenjar Getah Bening, Gorengan Termasuk!

Ilustrasi kelenjar getah bening. (Foto: Freepik)
Ilustrasi kelenjar getah bening. (Foto: Freepik)

Pembengkakan yang terjadi pada leher biasanya dapat mengindikasikan bahwa ada terjadinya infeksi atau penyakit dalam tubuh. Penyakit ini biasa dikenal sebagai pembengkakan kelenjar getah bening.

Terjadinya reaksi pembengkakan pada kelenjar getah bening normal terjadi. Hal tersebut menandakan tubuh sedang bekerja keras melindungi tubuh saat adanya organisme asing masuk.

Mereka bekerja dengan cara ketika ada virus, organisme, maupun bakteri masuk, maka orgnisme asing tadi akan melakukan check point.

| Baca Juga: Idap Kanker Kelenjar Getah Bening, Apa Kabar Ria Irawan?

Kelenjar getah bening sendiri adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi. Kelenjar ini terdapat di berbagai bagian tubuh, seperti leher, ketiak, dan selangkangan.

Makanan dan minuman tertentu dapat memperburuk peradangan dan memperlambat pemulihan, sehingga memperparah pembengkakan kelenjar getah bening. Berikut adalah 9 makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat kelenjar getah bening bengkak.

1. Makanan Olahan: Sosis, hot dog, dan makanan cepat saji lainnya mengandung banyak lemak, garam, dan gula yang dapat memicu peradangan dan mengganggu sistem limfatik.

2. Produk Susu: Bagi beberapa orang, produk susu dapat memicu respons imun yang kuat dan memperberat kerja sistem limfatik.

3. Biji-bijian Mengandung Gluten: Gandum, gandum hitam, dan jelai dapat memicu respons imun di usus dan bagian tubuh lainnya, sehingga memperparah pembengkakan kelenjar getah bening.

4. Gula Rafinasi: Konsumsi gula berlebihan dapat memperlambat pergerakan cairan tubuh dan meningkatkan kadar gula darah, yang dapat merusak sistem limfatik.

5. Alkohol: Alkohol dapat meningkatkan jumlah cairan dalam tubuh dan memaksa sistem limfatik bekerja keras untuk membuangnya.

6. Daging Merah: Daging merah dapat mengganggu mikrobioma usus dan menurunkan kekebalan tubuh, sehingga meningkatkan risiko peradangan.

7. Produk Non Organik: Produk nonorganik yang mengandung pestisida dan bahan kimia lainnya dapat membebani sistem limfatik.

8. Kafein: Kafein dapat menyebabkan dehidrasi dan mengganggu sistem limfatik.

9. Gorengan: Gorengan mengandung banyak lemak yang dapat memperlambat sistem limfatik dan memperparah peradangan.

| Baca Juga: Idap Kanker Getah Bening, Begini Kondisi Terkini Suami Tasya Kamila

Setelah mengetahui jenis makanan maupun minuman yang dapat menyebabkan kelenjar getah bening bengkak, kita dapat melakukan pencegahan dengan mengikuti beberapa tips.

1. Menjaga kebersihan diri dengan baik, termasuk gosok gigi dan cuci tangan secara teratur.

2. Mendapatkan vaksinasi yang diperlukan, seperti herpes zoster, tuberkulosis, dan flu.

3. Menghindari penggunaan barang pribadi bersama orang lain.

4. Menggunakan kondom saat berhubungan seks.

5. Mengonsumsi obat alergi sesuai dengan arahan dokter.

6. Menjaga kesehatan hewan peliharaan dan lingkungan sekitar. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here