Jaksa Sebut Kasus Menendez Brothers Tak Mengancam Publik

Lyle dan Erik Menendez (Foto: Associate Press)
Lyle dan Erik Menendez (Foto: Associate Press)

Kasus pembunuhan yang melibatkan Menendez Brothers terus mendapatkan sorotan dan sedang dikaji ulang oleh Pengadilan Los Angeles.

Jaksa Pengadilan Los Angeles, George Gascon, mengatakan pihaknya akan membuat keputusan baru untuk Erik dan Lyle Menendez.

Saat wawancara dengan people pada Senin (21/10), Gascon menyatakan bahwa kedua bersaudara itu tidak membahayakan masyarakat.

“Berdasarkan semua yang saya ketahui, saya tidak percaya mereka melakukan itu. Jika mereka melakukan (pembunuhan), maka mereka sudah lama tidak melakukannya lagi. Dan saya rasa ini bukan ancaman seperti mereka membunuh orang atau merampok orang di jalan,” ujarnya.

| Baca juga: Anak Sean Diddy Combs Buka Suara Terkait Konspirasi Ayahnya

Jaksa itu mengatakan bahwa kasus Erik dan Lyle cukup alot saat mendiskusikan bersama timnya. Gascon dan tim juga akan menyelidiki ulang bukti selama 35 tahun bersaudara itu dipenjara.

“Ada beberapa orang di kantor saya yang percaya bahwa tidak ada bukti pelecehan. Ada orang lain di kantor yang percaya bahwa mungkin ada beberapa bukti pelecehan dan ada juga bukti rehabilitasi,” tuturnya.

“Jika mereka memang telah direhabilitasi seperti yang dituduhkan, kami sedang meninjau semua itu. Mereka telah berada di penjara selama hampir 35 tahun,” lanjutnya.

Pada minggu lalu, anggota keluarga Menendez Brothers mengadakan konferensi pers di depan Pengadilan Los Angeles dengan membawa petisi untuk membebaskan saudara itu.

| Baca juga: Kasus Menendez Brothers, Keluarga Ajukan Petisi ke Pengadilan

Saat konferensi pers, sejumlah anggota keluarga menyebutkan pelecehan seksual yang dialami kedua bersaudara itu dilakukan oleh Jose.

“Sejak awal, saya yakin bahwa Lyle dan Erik adalah korban. Kekerasan ayah mereka menghancurkan hidup mereka, dan kegagalan pengadilan untuk mengakui trauma mereka hanya memperparah tragedi itu,” ujar Karen VanderMolen, keponakan Kitty Menendez.

Kasus ini sudah ditinjau ulang sejak Mei setelah pengacara Erik dan Lyle mengajukan petisi Habeas Corpus dan melampirkan bukti-bukti baru kasus tersebut.

Bukti baru itu berupa surat yang ditulis Erik kepada sepupunya, Andy Cano, satu tahun sebelum kejadian pembunuhan. Serta laporan oleh Roy Rosello dengan klaim bahwa dia telah dilecehkan oleh Jose Menendez di tahun 1980-an. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here