Prabowo Punya Bobby, Ini Hewan Peliharaan 5 Pemimpin Negara

Prabowo Subianto bersama kucing peliharaan yang diberi nama Bobby Kertanegara. (Foto: Istimewa)
Prabowo Subianto bersama kucing peliharaan yang diberi nama Bobby Kertanegara. (Foto: Istimewa)

Selain nama Prabowo Subianto yang ramai menjadi pembicaraan setelah resmi dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia 2024-2029, hewan peliharaan miliknya, Bobby Kertanegara juga sukses menarik perhatian publik.

Kucing liar yang sudah dipelihara oleh Prabowo sejak 2017 lalu itu diboyong serta oleh pemiliknya untuk tinggal di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Berikut deretan lima presiden di berbagai negara yang memiliki hewan kesayangan, siapa saja mereka?

| Baca Juga : Prabowo Subianto Resmi Dilantik Jadi Presiden Indonesia ke-8

Prabowo Subianto – Bobby Kertanegara

Kisah pertemuan antara Prabowo dan Bobby berawal saat si kucing putih dengan corak hitam dan abu-abu itu berkeliaran di kediamannya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan.

Merasa iba, Prabowo memutuskan untuk memelihara Bobby. Kini, kucing tersebut menjadi salah satu hewan peliharaan populer yang punya akun Instagram sendiri bahkan pengikutnya mencapai lebih dari 500 ribu.

Joko Widodo (Jokowi) – Kambing dan Katak

Presiden ke-7 RI, Joko Widodo juga punya hewan kesayangan. Dia diketahui memelihara kambing di Istana Bogor yang kini jumlahnya mencapai 43 ekor. Tak hanya itu, Jokowi juga gemar memelihara kodok sejak dirinya menjabat sebagai Wali Kota Solo pada 2005-2012.

| Baca Juga : Sederet Artis yang Akan Meriahkan Pelantikan Presiden 2024-2029

Hal itu terus berlanjut hingga ia terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta 2012-2014. Kodok-kodok yang jumlahnya tidak kurang dari 20 ekor itu dipelihara di kolam ikan rumah dinas gubernur DKI, di Menteng, Jakarta Pusat.

Vladimir Putin – Anjing

Konni ikut mendampingi Vladimir Putin saat bertemu Valentina Tereshkova. Foto: Dok. Dmitry Astakhov/PAP/EA/RMF24
Konni ikut mendampingi Vladimir Putin saat bertemu Valentina Tereshkova. Foto: Dok. Dmitry Astakhov/PAP/EA/RMF24

Putin telah dikenal sebagai salah satu pemimpin negara yang cinta binatang, terlebih anjing. Salah satu anjing bernama Konni dengan jenis Labrador Retriever telah dipeliharanya sejak 1999.

Konni adalah peliharaan kesayangan Presiden Rusia. Dia sering diajak dalam pertemuan dengan tokoh-tokoh penting. Sayangnya, pada 2014, Konni mati di usia 15 tahun.

| Baca Juga : Resmi Dilantik, Sosok 5 Menteri Perempuan di Kabinet Merah Putih

Jacinda Ardern – Paddles

Mantan perdana menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern memelihara seekor kucing yang diberi nama Paddles. Si kucing punya bentuk kaki unik, yang mana dia seolah-olah memiliki jempol layaknya manusia.

Namun, nasib nahas menimpa Paddles. Dia mati akibat tertabrak mobil tetangga dari Jacinda Ardern pada 2017 lalu di usianya yang baru menginjak satu tahun.

Joe Biden – Champ dan Major

Joe Biden bersama Major (hitam, berdiri di sebelah Biden) dan Champ (bulu berwarna cokelat). Foto: Dok. White House
Joe Biden bersama Major (hitam, berdiri di sebelah Biden) dan Champ (bulu berwarna cokelat). Foto: Dok. White House

Presiden Amerika Serikat ke-46, Joe Biden punya dua anjing berjenis german shepherd bernama Major dan Champ. Dua peliharaannya itu diajak tinggal di White House sejak awal 2021.

Pada Juni 2021, Champ mati di usianya yang ke-12. Sementara Major dipindahkan ke rumah keluarga pada Desember 2021 setelah dia terlibat insiden karena dua kali menggigit staf kepresidenan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here