Pembaca Nyata yang suka travelling, terutama yang suka pergi sampai ke tempat yang jauh, pasti pernah merasakan jet lag ketika sampai di tempat tujuan bukan? Terkadang, rencana yang sudah disusun rapi jadi tidak bisa dilaksanakan dengan sempurna karena terhalang rasa lelah atau haus yang tidak mau segera hilang. Padahal, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah rencana travelling-mu berantakan karena jet lag. Berikut ini, adalah delapan cara mengatasi jet lag yang bisa kamu coba.

1Biasakan diri dengan zona waktu tempat tujuan sebelum kamu berangkat

Usahakan untuk mulai mengubah jadwalmu mengikuti zona waktu lokasi tujuan kira-kira satu minggu sebelum berangkat. Ganti jam tidurmu sesuai dengan zona waktu tujuan. Pada hari kamu tiba nanti, tubuhmu akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan pola yang baru.

2Pilih penerbangan malam hari

Ini termasuk dalam usaha untuk membiasakan diri dengan jadwal baru. Dengan memilih penerbangan malam hari, kamu dapat tidur selama perjalanan dan bangun tidak lama sebelum atau setelah pesawat mendarat. Kamu pun dapat lebih menyesuaikan jadwal dengan zona waktu yang kamu tuju.

Wisata Sejarah Jalan Peneleh Surabaya yang Tak Lekang Oleh Waktu Dengan berbekal satu tas ransel berisikan air minum dan alat untuk berfoto, … [Read More]

 

3Bawa bantal dan headphone

Jangan lupa untuk membawa barang-barang yang bisa membantumu tidur selama perjalanan. Bantal leher yang nyaman akan memastikan kamu dapat tidur dengan nyenyak, sementara headphone bisa kamu pakai jika di dalam pesawat terdapat terlalu banyak suara yang mengganggu.

4Berolahraga sebelum berangkat

Seperti yang mungkin pembaca tahu, berolahraga membantu meredakan stres dan rasa tegang, dan juga ada manfaat tambahan membuatmu sedikit lelah sebelum berangkat jadi kamu bisa tidur lebih mudah dalam perjalanan.

5Jaga diri jangan sampai dehidrasi

Minumlah air putih selama penerbangan untuk mencegah dehidrasi. Dehidrasi adalah salah satu hal yang membuat jet lag terasa lebih melelahkan, lho! Jauhi juga kafein dan alkohol, karena keduanya dapat membuatmu haus lebih cepat.

3 Hal yang Harus Dilakukan Saat Berwisata Sendirian Kamu harus tahu tiga hal yang harus dilakukan saaat berwisata sendirian ini … [Read More]

 

6Pilih makanan yang baik

Untuk menghindari merasa sakit atau mual ketika mendarat, jagalah makananmu sewaktu terbang. Jangan makan terlalu banyak dan cobalah untuk makan makanan yang lebih ringan dan sehat jika sempat. Jangan tergoda dengan junk food saat berada di dalam penerbangan karena hal ini bisa mempengaruhi metabolisme badan ketika turun nanti.

7Regangkan kaki selama penerbangan

Jika perjalananmu cukup jauh dan lama, pastikan kamu menyempatkan waktu untuk sedikit lebih aktif selama kamu tidak tidur di pesawat. Kamu dapat meregangkan kaki, atau mencoba berjalan-jalan sedikit di dalam lorong pesawat. Hal ini membantu darah beredar di seluruh tubuh dan mencegah ototmu menjadi kaku ketika sampai di tujuan.

8Carilah cahaya alami setelah mendarat

Cahaya alami adalah stimulan yang dapat membantu menyegarkan kembali tubuhmu sepanjang hari saat tiba di tempat tujuan. Cahaya matahari juga dapat membantu tubuh mengatur kembali jam biologisnya dan mengurangi efek dari jet lag. Karena itu, mencari cahaya matahari sebanyak dan sedapat mungkin ketika tiba nanti.

Manfaat Traveling Bagi Perempuan yang Mencari Jati Diri Manfaat traveling bagi perempuan ternyata cukup banyak lho, apalagi bagi kamu yang … [Read More]

 

Apa mungkin di antara kalian ada yang pernah mencoba beberapa tips di atas? Atau mungkin ada yang memiliki cara sendiri untuk mengatasi jet lag? Share di kolom komentar ya!