Tips dan Trik Atasi Demam Pada Si Kecil Secara Maksimal

0
81
tips-atasi-demam
Foto: Today's Parent

Kondisi cuaca yang semakin tak menentu, jadi bomerang bagi kesehatan dan kondisi tubuh. Terkadang meski kita sudah mencoba menjaga kesehatan dengan maksimal, namun beragam penyakit masih saja menyerang.

Tak hanya itu, kondisi lingkungan sekitar yang kurang bersahabat seperti udara lembab dan banjir semakin mendukung munculnya berbagai penyakit. Beberapa di antaranya adalah flu, diare dan infeksi saluran pernapasan.

Baca juga: Persiapan Tumbuh Kembang Anak ala Ibu Cerdas Zaman Now

Meningkatnya suhu tubuh (di atas suhu normal 37,5 derajat Celcius) umumnya jadi gejala dari penyakit tersebut. Gejala demam itu, jadi pertanda bahwa sistem imun atau kekebalan tubuh, tengah berusaha melawan infeksi.

Ketika demam menyerang, rasa tidak nyaman pasti mendera, terutama bagi bayi dan anak-anak. Untuk itu, para ibu cerdas perlu banget untuk tahu solusi meredakan demam bagi buah hati. Yuk, intip tips and trick-nya!

1. Gunakan termometer untuk memeriksa suhu tubuh

Banyak sekali yang mengandalkan rabaan tangan untuk memastikan anak demam atau tidak. Ini bukanlah tindakan tepat. Akan lebih baik untuk memeriksa suhu tubuh dengan termometer. Dengan begitu, kita tahu pasti apakah suhu tubuh ada pada angka normal atau tidak.

2. Pertolongan pertama ketika demam datang tiba-tiba

Jangan panik, percayakan pada ByeBye-FEVER dengan hidrogel sejuk yang bekerja hingga 10 jam. ByeBye-FEVER menjadi solusi praktis pertolongan pertama ketika demam melanda. Sebagai pelopor brand kompres demam di Indonesia, ByeBye-FEVER juga menjadi brand terpercaya, dan andalan para ibu ketika si kecil demam.

Baca juga: Musim Hujan Datang, Yakin Sudah Siaga Cegah Demam Berdarah?

Memberikan obat penurun panas seperti paracetamol atau ibuprofen juga bisa jadi pilihan. Namun, sesuaikan dengan dosis yang tepat.

3. Jangan sampai dehidrasi

Ketika demam melanda, usahakan agar tubuh si kecil terhidrasi dengan baik. Minum air mineral secara cukup. Cairan yang masuk ke dalam tubuh bisa akan dikeluarkan melalui keringat dan urin sehingga menurunkan suhu tubuh. Jadi jangan sampai dehidrasi ya!

4. Istirahat cukup

Demam biasanya datang dibarengi dengan rasa pusing. Sehingga istirahat yang cukup di tempat tidur bisa jadi langkah tepat.

5. Konsultasikan dengan dokter

Jika tak kunjung membaik, ada baiknya segera konsultasikan ke dokter. Sehingga gejala demam tersebut tidak sampai parah, dan bisa ditangani dengan tepat. (*)