Terlihat Sepele, 5 Penyebab Kamar Bau Apek dan Lembab

Terlihat Sepele, 5 Hal Ini Penyebab Kamar Bau Apek dan lembab
Terlihat Sepele, 5 Hal Ini Penyebab Kamar Bau Apek dan lembab

Tempat ternyaman untuk istirahat adalah kamar, bahkan kita bisa menyimpan barang-barang privasi dengan aman disana bahkan bisa ngapain aja.  Namun tau gak sih guys ternyata beberapa hal sepele ini kadang bisa menjadi penyebab kamar kalian bau apek dan lembab loh bila begini kan istirahat menjadi kurang nyaman. Dilansir dari hipwee.com berikut beberapa hal yang terlihat sepele dapat menyebabkan kamar bau apek dan lembab.

| Baca Juga: Jangan Anggap Sepele, Ini Tips Memilih Pakaian Dalam yang Tepat


1. Sirkulasi Udara 

*Ilustrasi kamar yang ada sirkulasi udaranya. Foto: Dok. Pexels

Jika kalian merasa sudah membersihkan kamar namun masih terasa lembab, maka itu bisa disebabkan oleh sirkulasi udara yang kurang. Bau apek atau lembab sendiri dikarenakan tidak adanya pergantian udara dalam ruangan karena sirkulasi udara yang kurang, bahkan bila ventilasi udara nggak berfungsi dengan baik maka pergantian udara terjadi dengan tidak maksimal. Semisal bila kaca ventilasinya tertutup atau banyaknya debu maka sirkulasi udara tidak berfungsi dengan baik secara maksimal.

2. Pencahayaan Matahari yang Kurang 

*Ilustrasi Pencahayaan yang masuk kedalam kamar. Foto: Dok. Pexels

Sudah mendapatkan sirkulasi bahkan sudah dibersihkan namun masih terasa lembab? Mungkin kurangnya pencahayaan matahari yang dapat masuk kedalam kamar. Pencahayaan matahari begitu penting karena bisa mengurangi kelembaban. Kamar yang redup bahkan sulit dimasuki cahaya matahari maka akan membuat kamar tersebut cenderung lembab dan mudah apek. Jadi pastikan kamarmu mendapatkan pencahayaan matahari yang baik.

3. Tumpukan Pakaian Kotor

*Ilustrasi kamar pakaian berantakan. Foto: Dok. Pexels

Saking nyamannya bahkan sudah seperti privasi pribadi. Sebagian orang dengan gampangnya menaruh pakaiannya secara sembarangan di sudut ruangan kamar. Pakaian yang terkena debu dan keringat yang sudah menumpuk dapat menjadi penyebab kamar menjadi lembab dan apek loh, apalagi bila pakaian yang menggantung di balik pintu dan malas dicuci, bisa menjadi sarang penyakit karena terdapat kuman di pakaian yang kotor.

4. Kasur Kamar yang Tidak Dijemur

*Ilustrasi kasur yang tampak kotor dan berjamur. Foto: Dok. Pexels

Meski terlihat bersih, kasur yang jarang dijemur bahkan sprei yang jarang diganti dapat membuat kamar menjadi bau apek bahkan lembab. Karna kasur pada setiap harinya terkena keringat dari tubuh kita pada saat kita tiduri, belum lagi jika terkena iler bahkan ngompol. Beberapa hal ini yang dapat membuat kasur menjadi apek. Bau apek yang mengendap bisa menjadikan sebuah ruangan menjadi lembab, apalagi bila spreinya juga ikut jarang diganti. Idealnya kasur dijemur setiap sebulan sekali dan spreinya diganti dengan minimal 2 minggu sekali.

5. Hewan yang Sering Masuk Kedalam Kamar

*Ilustrasi hewan masuk kedalam kamar. Foto: Dok. Pexels

Kalian suka membawa anabul kesayangan kalian masuk ke kamar? Eitss perlu diketahui bila hewan peliharaan memiliki bau tubuh yang khas, apalagi jika hewan tersebut tidak sengaja terkena kotorannya sendiri. Maka dari situ jangan sering untuk membawa peliharaan kesayanganmu masuk kamar yaa. Boleh dibawa masuk, namun jangan lupa pastikan bersihkan kamar setelah itu dan peliharaanmu dalam kondisi yang bersih.

| Baca Juga: Jangan Diabaikan! Barang Sehari-Hari Ini Harus Rutin Diganti

Nah itu beberapa hal sepele yang menyebabkan kamar menjadi bau apek dan lembab, mungkin kalian selama ini tidak menyadarinya. Jadi perhatikan hal-hal diatas ya biar kamarmu menjadi sehat dan nyaman untuk ditempati. * bny/pra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here