Ragam Khasiat Kencur Mulai Untuk Kesehatan Hingga Kecantikan

0
222
Foto: Net

Kita sering mendengar istilah bau kencur untuk menyindir orang dewasa yang berperilaku kekanak-kanakan. Mengapa ada istilah itu? Karena kencur memang sejak lama sudah menjadi salah satu bahan utama untuk menjaga kesehatan secara alamiah, termasuk pada bayi dan anak-anak.

Tentu untuk gangguan penyakit ringan, yang masih bisa diatasi sendiri tanpa pergi ke dokter. Seperti demam, perut kembung, batuk, sakit kepala. Sekadar mengingatkan, kencur juga punya reputasi sebagai kosmetika.

Apakah memang berkhasiat? Sudah banyak penelitian yang memang mendukung pemakaian itu. Termasuk sebagai tabir surya. Nah, sekarang sudah mulai ada industri kosmetika, yang menggunakan kencur sebagai bahan utama produk mereka, termasuk bedak.

BAU KENCUR

Bau khas kencur berasal dari minyak atsiri yang terkandung di dalamnya. Bau itu membuat kencur mudah dibedakan dari rimpang empon-empon lain. Khasiatnya banyak, termasuk penambah nafsu makan, obat batuk, gangguan perut dan demam/flu.

Kebiasaan orang di desa sejak lama adalah langsung makan rimpang kencur yang sudah dikupas, yang dipercaya memang manjur untuk gangguan kesehatan ringan.

Dalam dunia kedokteran, kencur memang digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit ringan. Bagaimana mencegah serangan demam dan flu? Mudah, yaitu kupas kencur, cuci dan makanlah langsung dengan cocolan garam yang diikuti dengan minum air hangat. Lakukan dua kali sehari dan kita akan bebas dari flu dan demam.

Gangguan lambung, seperti perut kembung, dapat dicegah dengan mengunyah kencur, telan airnya dan buang ampasnya. Lakukan sampai gangguan itu hilang. Kalau gak sanggup mengunyah, parut dan peras, minum airnya.

Untuk keseleo, coba ambil satu atau dua buah kencur, bersihkan.Rendam satu genggam beras sampai lunak, buang airnya. Campurkan dengan irisan atau tumbukan kencur, tumbuk campuran sampai halus dan bercampur rata. Lalu oleskan pada daerah yang sakit. Rasa terbakar pada daerah lambung dapat diatasi dengan kencur yang dicuci, parut, tambahkan
air dua sendok makan dan sedikit garam. Saring, minum 2-3 kali sehari.

PENGANTAR TIDUR

Kencur adalah obat yang perlu diperhitungkan manfaatnya secara tradisional untuk membantu mengatasi gangguan sulit tidur, stres, gelisah, depresi.

Manfaat ini sudah didukung hasil penelitian dan oleh sebab itu disarankan dipakai secara rutin. Pilih cara yang disukai, salah satunya adalah minuman beras kencur.

Cobalah membuatnya sendiri, yaitu dari campuran bahan beras , kencur,
jahe, kunyit, jeruk nipis, asam jawa, daun pandan, garam. Bisa ditambahkan kapulaga, cengkeh, serai dan kayumanis.

Foto: Net

Browsing resep yang anda sukai untuk dicoba, sebaiknya buatlah sendiri agar mutu bahan baku dapat dikendalikan, dan tidak ada bahan kimia tambahan atau bahan baku yang dipalsukan. Minumlah 250 ml dua kali seminggu dan harus selalu baru alias tidak disimpan walaupun hanya satu malam.

Kencur mengandung zat yang berkhasiat menurunkan tekanan pembuluh darah, dan ini tentu kabar yang baik. Turunnya tekanan darah bisa mempercepat tercapainya keadaan relaksasi, dan ini artinya tidur menjadi lebih cepat.

Tips: Hasil yang memuaskan akan didapat kalau disertai pengendalian pola makan, istirahat, olahraga dan stres secara teratur. Lebih baik memanfaatkan kencur untuk mencegah daripada mengobati penyakit.

OBAT BATUK

Untuk obat batuk, cuci bersih kencur, parut, campur dengan satu gelas air hangat. Aduk dan saring. Tambahkan garam pada hasil saringan dan minumlah selagi hangat. Untuk pengobatan minumlah sekali sehari.

Pada pengobatan anak-anak, cobalah membuatnya dari kencur 2-3 ruas yang dikupas dan dicuci bersih, lalu diparut. Tambahkan air sedikit dan saring, air saringan tambahkan madu dan garam secukupnya, dan bisa diminumkan untuk dua kali pemakaian.

Untuk menambah kehangatan, dapat ditambahkan jahe dengan ukuran sama seperti kencur yang juga diparut.

MERAWAT KULIT WAJAH

Kandungan kencur, terutama etil para metoksi sinamat, bekerja sebagai tabir surya. Selain itu minyak atsiri bekerja sebagai anti kuman sehingga bisa membasmi dan mencegah jerawat.

Untuk merawat wajah dengan kencur, ada beberapa cara yang mudah. Yang paling mudah tentu lansung mengoleskannya pada kulit wajah yang sudah dibersihkan. Cuci dan kupas kencur, potong pucuknya dan langsung dioleskan pada wajah. Biarkan beberapa lama dan baru dibilas.

Untuk masker, campuran beras dan kencur yang dihaluskan dapat dioleskan pada kulit wajah yang sudah bersih, biarkan 15 menit dan selanjutnya bilas dengan air hangat. Tidak semua orang suka bau kencur, tapi lama kelamaan kita akan terbiasa, apalagi kalau hasilnya memuaskan.


Artikel diasuh oleh:
Prof Dr Mangestuti Agil
Fakultas Farmasi Universitas Airlangga