Seperti Inilah Wujud Keripik Kentang Termahal di Dunia

Echa yakin, bagi sebagian besar pembaca, kripik kentang termasuk cemilan favorit. Seiring dengan berjalannya waktu, para produsen keripik kentang semakin kreatif memasarkan produknya, mulai dari warna dan ukuran kemasan, atau dengan mengkreasikan berbagai macam rasa baru. Tapi, bagaimana kalau ada keripik kentang yang dibuat dengan rasa khusus, hingga berharga lebih dari sepuluh dollar Amerika per kepingnya? Pasti pembaca penasaran, kan? Nah, seperti inilah wujud keripik kentang termahal di dunia.

Tidak salah memang jika St. Erik—nama perusahaan pembuat bir di Swedia yang juga memproduksi keripik kentang ini—sampai mematok harga demikian mahal. Keripiknya dibuat dari kentang Ammarnäs yang dipanen dengan tangan di sebuah kota tepi bukit bernama sama. Perisa untuk keripik kentang ini pun dibuat dari berbagai jenis bumbu langka yang tumbuh di negara-negara Nordic (Eropa Utara). Bumbu-bumbu ini pun hanya tumbuh pada waktu tertentu setiap tahunnya.

Keripik kentang ini dijual dalam sebuah kotak berisi lima keping keripik, sehingga kita harus menghabiskan sekitar 56 dolar untuk membelinya. Lima keping keripik ini terbagi dalam lima rasa; matsutake (jamur istimewa Swedia), truffle seaweed, crown dill, bawang Leksand (berasal dari kota Swedia bernama sama, dan lebih sulit ditanam dibandingkan bawang biasa), dan India Pale Ale wort (yang berasal dari carian yang diekstrak pada waktu proses pembuatan bir). India pale ale sendiri adalah produk andalan dari St. Erik, dan terkadang disingkat sebagai IPA saja.

Kira-kira bagaimana rasa dari keripik kentang yang lebih mahal dari makanan restoran ini? Sayangnya, kita mungkin tidak akan tahu. Hanya 100 kotak dari keripik kentang ini yang dibuat dan semuanya sudah habis terjual. St. Erik saat ini sedang mempertimbangkan untuk membuat keripik yang serupa, tapi mungkin dalam varian rasa yang berbeda.

Ternyata ada juga ya orang yang begitu kaya sampai rela menghabiskan puluhan dolar hanya untuk keripik. Kalau Echa sih, walau dibuat dengan rasa yang unik dan aneh, mungkin juga tidak akan tertarik. Keripik macam ini tidak bisa jadi teman nonton Dr. Strange. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here